nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga cabai melonjak, Menko Darmin Salahkan Cuaca Buruk

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 21:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 08 320 1842015 harga-cabai-melonjak-menko-darmin-salahkan-cuaca-buruk-7ztAhK6L9c.jpg Ilustrasi Cabai. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga komoditi pangan di beberapa daerah mengalami lonjakan dalam beberapa waktu terkahir. Salah satu yang menjadi sorotan adalah mengenai harga komoditi pangan cabai.

Tercatat, harga cabai rawit hijau mengalami kenaikan sebesar Rp1.371 menjadi Rp 39.766 per kg. Sementara untuk cabai rawit merah naik menjadi Rp 52.466 per kg.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan adanya kenaikan harga pada beberapa. Komoditi pangan disebabkan karena cuaca yang tidak mendukung. Dengan faktor cuaca yang tidak menentu, para petani kesulitan memanen hasilnya dan membuat pasokan pun terbatas.

Bahkan dengan adanya petani yang gagal panen, justru membuat pasokan pangan menjadi menipis. Jika pasokan terbatas maka akan secara otomatis harga komoditi pangan tersebut mengalami kenaikan.

"Sebenarnya lebih banyak karena musim. Sehingga panen yang terjadi bulan Januari ini tidak bagus. Karena hujannya banyak. Cabai juga sama," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (8/1/2018).

Baca Juga: Mayoritas Harga Pangan Turun, Cabai Merah Malah Naik

Lebih lanjut Darmin mengatakan, pemerintah akan melakukan berbagai cara untuk menanggulangi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan mendorong para petani untuk melakukan tanam ketika musim kemarau atau sebelum musim penghujan datang.

Sehingga ketika musim penghujan datang para petani hanya tinggal memanen hasilnya. Dan pasokan pada musim tersebut tetap lancar dan takan ada kenaikan terhadap harga.

"Lebih banyak karena cuaca. Tapi ya memang kalau faktor cuaca memang persoalannya masyarakat lebih didorong untuk menanam sehingga panennya keluar dimusim hujan," jelasnya.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Naik 71%, Gubernur BI: Perlu Dicermati!

Selain itu lanjut Darmin, pemerintah juga akan terus rutin menggelar operasi pasar. Hal tersebut bertujuan untuk menekan harga-harga pangan yang tinggi di pasaran. "Kalau operasi pasar sudah lama, itu sudah dilakukan dua bulan terakhir (dan akan tetap dilakukan)," jelasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini