Share

Jokowi: Ada PLBN, Kita Tangkap Peluang untuk Ekspor

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 21:52 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 09 320 1842617 jokowi-ada-plbn-kita-tangkap-peluang-untuk-ekspor-IZs5vo4RCV.jpg Foto: Dani Jumadil Akhir/Okezone

KUPANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah setempat hingga masyarakat sekitar memanfaatkan dan menjaga Bendungan Raknamo, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin dan PLBN Wini di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru saja diresmikan.

Khususnya Jokowi menitip pesan untuk memanfaatkan PLBN sebagai peluang ekspor produk NTT ke negara tetangga.

"Untuk masyarakat di sekitar waduk, sekitar pos-pos perbatasan menjaga dan merawat infrastruktur dengan baik, juga identifikasi perdagangan dan ekonomi bisa kita gerakan bersama di wilayah perbatasan," ungkap Jokowi di Kupang, NTT, Selasa (9/1/2018).

Baca Juga: 2 PLBN di NTT Diresmikan, Jokowi: Saatnya Mereka Selfie di Sini

Apalagi dalam PLBN tahap II akan dibangun pasar-pasar modern yang dapat membuka peluang ekspor produk Indonesia ke luar negeri.

"Saya yakin banyak potensi dari NTT yang dibutuhkan negara tetangga kita, harus kita repsons dan tangkap dengan baik," papar Jokowi.

Sekadar informasi, pembangunan PLBN Motamssin dan PLBN Wini dilakukan secara dua tahap.

Baca Juga: Dimulai Semester II-2018, PLBN Sota Merauke Ditargetkan Rampung dalam 2 Tahun

PLBN Motamasin memakan biaya Rp128 miliar di tahap I dan Rp228 miliar di tahap II. Sedangkan untuk PLBN Wini tahap I memakan biaya Rp130 miliar dan Rp178 miliar di tahap II.

PLBN Motamasin tahap I terdiri dari gedung utama, gerbang PLBN yang menghadap ke Timor Leste. Untuk tahap II akan dibangun pasar perbatasan, terminal hingga foodcourt.

Baca Juga: Jadi Pusat Ekonomi Baru, Tujuan Jokowi Ciptakan Pasar di PLBN

Sementara PLBN Wini tahap I terdiri dari gedung utama, lopo, car wash hingga bangunan utama sisi kedatangan. Untuk tahap II akan dibangun pasar, gedung serba guna, gedung wisma Indonesia hingga rumah couple.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini