nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Investasi, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin!

Anisa Anindita, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 06:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844298 jangan-asal-investasi-cari-tahu-dulu-kelebihan-dan-kekurangan-bitcoin-dvNNkF3lvj.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Saat ini banyak masyarakat yang memilih untuk berinvestasi dengan Bitcoin. Investasi mata uang digital tersebut dianggap memberikan peluang yang besar untuk mendapat keuntungan. Hal itu yang membuat mata uang digital lain, seperti Litecoin, dan Etherum kehilangan penggemar.

Perencana Keuangan Andi Nugroho menyarankan, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ketahui dahulu ilmu dan pemahaman bagaimana sistem investasi itu akan bekerja.

Baca Juga: Temukan Uang Digital Baru, Orang Ini Sukses Jadi Miliarder

“Baik untuk berinvestasi di Bitcoin maupun masuk ke instrumen-instrumen investasi lainnya, yang perlu kita ketahui tentunya adalah ilmu dan pemahaman mengenai investasi itu sendiri,” ungkapnya kepada Okezone.

Anda harus mengetahui seluk beluk jenis investasi yang akan Anda pilih. Baik cara mendapat keuntungan maupun cara menghindari kerugian dari investasi tersebut.

“Mulai dari bagaimana Anda bisa masuk ke dalam investasi tersebut, bagaimana dan seperti apa nantinya uang Anda bisa bekerja,” lanjut Andi.

Baca Juga: Korsel Larang Perdagangan Bitcoin Cs, Picu Aksi Jual

Selain itu, Andi menambahkan, Anda juga harus mengetahui risiko terburuk apa yang akan Anda hadapi, lalu membutuhkan waktu berapa lama bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut.

“Lalu, pelajari risiko yang akan Anda hadapi, berapa lama keuntungan dapat mulai Anda peroleh,” jelas Andi.

Tidak sampai situ saja, Anda harus ketahui juga bagaimana cara proses pencairan keuntungan bila Anda sudah mendapatkannya, hingga bagaimana skema cut loss bila diperlukan.

“Kemudian, cari tahu bagaimana cara pencairan keuntungan bila sudah didapatkan. Hingga skema cut loss bila memang harus dilakukan,” ucapnya.

Baca Juga: Warren Buffett: Bitcoin Cs Akan Berakhir Buruk

Dengan demikian, menurut Andi, dalam hal berinvestasi khususnya Bitcoin, melibatkan teknologi komputer dan jaringan, maka Anda perlu memahami dan menguasai teknologi yang digunakan oleh perusahaan investasi Anda.

“Khusus Bitcoin, karena investasi ini melibatkan teknologi komputer dan jaringan, tentunya kita harus paham dan menguasai teknologi itu juga,” tukas Andi.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini