Share

Pembatasan Impor Tembakau Bisa Dilakukan, Begini Syaratnya

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 22 320 1848326 pembatasan-impor-tembakau-bisa-dilakukan-begini-syaratnya-p5qxdYQcW4.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA – Pembatasan impor tembakau diyakini akan mengurangi produksi rokok dalam negeri. Pasalnya, tembakau virginia merupakan bahan baku yang dipergunakan untuk memproduksi rokok mild.

Ketua Umum Komunitas Kretek Adityo Purnomo mengatakan, saat ini ketersediaan tembakau virginia belum tercukupi kebutuhannya dari pasar lokal. Akibatnya masih diperlukan impor yang besar untuk memenuhi kebutuhan dari pabrik rokok.

“Jika ingin benar-benar membatasi impor, saya rasa harus ada sebuah upaya agar para petani dan dinas terkait melihat kebutuhan-kebutuhan tembakau yang dibutuhkan, seperti tembakau virginia,” ujar Adityo di Jakarta, pekan lalu.

 Baca juga: Sedih, Musim Hujan Buat Harga Tembakau di Temanggung Turun

Menurut Adityo, pembatasan impor belum bisa dilakukan saat ini, sebelum tercukupinya kebutuhan tembakau virginia.

Apalagi tembakau virginia lebih banyak digunakan untuk rokok mild yang saat ini sangat digemari pasar Indonesia. “Impor bisa diminimalisasikan, tetapi sebelum itu terjadi atau kebutuhan akan tembakau virginia tercukupi, pembatasan impor belum bisa dilakukan,” katanya.

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Permendang Nomor 84 yang membatasi impor tembakau. Sejumlah pihak menilai aturan itu memiliki berbagai kelemahan. Salah satu paling fatal adalah pembatasan impor tembakau jenis virginia, burley, dan oriental.

 Baca juga: Impor Tembakau Jangan Dilarang, Kenaikan Tarif Bea Masuk Bisa Jadi Solusi!

Anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Pertembakauan, Hendrawan Supratikno, mengaku Pansus Rancangan Undang-Undang Pertembakauan yang kini kembali masuk dalam Program Legislasi Na sio nal (Prolegnas) 2018 masih akan melihat berbagai perkembangan yang terjadi di lapangan.

“Kami harus realistis dalam membuat undang-undang dan mengacu kenyataan sehingga tidak bisa saklek begitu. Kita harus membudidayakan tembakau jenis virginia dan ada upaya sistematis agar tem ba kau jenis tertentu bisa ditanam di Indonesia,” kata Hendrawan. (Rakhmat Baihaqi)

Follow Berita Okezone di Google News

(dni)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini