nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

World Bank: Pertemuan IMF-WB Jadi Peluang Indonesia Cari Investasi

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 19:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 09 320 1857323 world-bank-pertemuan-imf-wb-jadi-peluang-indonesia-cari-investasi-2R9u08J1MN.jpg Ilustrasi World Bank. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tidak hanya pemerintah yang menyebut bahwa pertemuan tahunan International Monetary Funda-World Bank 2018 (IMF-WB Annual Meeting 2018) akan memberikan peluang perkembangan perekonomian bagi Indonesia. Perwakilan Bank Dunia juga mengafirmasi hal tersebut.

Sekretaris Media World Bank David Theis menyatakan, Indonesia dapat menjaring banyak investasi dalam agenda ekonomi tahunan itu.

"Akan ada banyak sekali lembaga keuangan yang besar, dan ini cara untuk mendapatkan investasi untuk Indonesia," ujarnya di Jakarta, Jumat (9/2/2018).

Baca Juga: Sambut Annual Meeting IMF-World Bank, ASDP Bangun Hotel Labuan Bajo Rp300 Miliar

Dalam kesempatan itu, David mendorong pemerintah untuk mempromosikan pencapaian pembangunan selama ini. Dari sisi infrastruktur, David menilai Indonesia layak untuk menjadi tuan rumah bagi acara tahunan yang dihadiri seluruh menteri keuangan dan gubernur bank sentral di seluruh dunia.

Momentum tersebut juga menjadi stimulus ekonomi lantaran banyak uang yang berputar dari tamu-tamu yang datang. "Ini kesempatan Indonesia bahwa punya kekuatan ekonomi, keuntungan lain bagi tuan rumah yaitu moneter, karena banyak Dolar yang banyak masuk," kata dia.

Tidak hanya dari sisi ekonomi, David menilai bahwa kepercayaan sebagai tuan rumah harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk memperlihatkan Indonesia di mata dunia. Salah satunya melalui sektor pariwisata karena tempat penyelenggaraannya di Pulau Bali yang tersohor akan wisatanya.

"Bali harus menunjukan budaya Indonesia secara lebih luas, dan ini memberi peluang untuk Indonesia untuk didengar Indonesia,' ujarnya.

Sekadar informasi, indoensia akan mejadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF-WB 2018 akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 14 Oktober 2018. Ajang berkumpulnya seluruh menteri keuangan dan gubernur bank sentral di seluruh dunia tersebut yang akan dihadiri oleh perwakilan 189 negara.

IMF-WB Annual Meeting 2018 mengambil tempat di Nusa Dua, bali. Delegasi yang datang pada acara tersebut diyakini mencapai sebanyak 20.000 delegasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini