nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkeu Lelang Barang Kesayangan Jusuf Kalla hingga Sri Mulyani Hari Ini

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 08:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 28 20 1865761 kemenkeu-lelang-barang-kesayangan-jusuf-kalla-hingga-sri-mulyani-hari-ini-RNmoTY1jGl.jpg Ilustrasi: (Foto: ant)

JAKARTA - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melelang sejumlah barang dari para petinggi negara hingga pejabat korporasi hari ini.

Barang tersebut merupakan koleksi pribadi milik Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Kabinet Kerja hingga beberapa pejabat korporasi. Ini dilakukan DJKN dalam rangka memperingati 110 tahun lelang Indonesia.

Lelang sukarela sendiri berlangsung pada hari ini, Rabu (28/2/2018) di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Acara dijadwalkan mulai sejak pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Daftar Lengkap 21 Barang Jusuf Kalla dan Istri yang Ikut Dilelang

Adapun 18 tokoh yang memberikan barangnya untuk dilelang, selain Jusuf Kalla yaitu Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla. 

Kemudian terdapat barang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari. Lalu ada pula Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Lalu para pejabat dari Kementerian Keuangan yang melelang barangnya yakni Sekertaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi, serta Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono. 

Baca Juga: Pejabat Negara Lelang Barang Pribadi, Ombudsman: APBN Krisis?

Ada pula barang dari Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata, Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Boediarso Teguh Widodo, Dirjen Pajak Kemenkeu Robert Pakpahan, Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Lukman Effendi serta Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman.

Sementara itu terdapat juga direktur utama (dirut) dari bank BUMN yaitu Dirut Bank BRI Suprajarto dan Dirut Bank BNI Achmad Baiquni.

Baca Juga: Daftar Barang Jusuf Kalla hingga Sri Mulyani yang Akan Dilelang

Dari barang yang dilelang, yang paling murah adalah sepatu milik Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi. Sepatu merk Felix Verguso tersebut dilelang dengan harga mulai Rp1.000 dengan uang jaminan Rp500.

Untuk barang paling mahal ada milik Dirut Bank BRI Suprajarto berupa sebuah lukisan bunga teratai, bingkai kayu kelapa karya I Wayan Suarmadi dengan harga dimulai dari Rp15 juta dengan uang jaminan Rp4,75 juta.

Terdapat dua cara untuk bisa mengikuti lelang yakni melalui e-auction atau konvensional. E-auction (close bidding) yakni penawaran lelang secara tertulis melalui internet. Sedangkan  untuk penawaran versi konvensional dilakukan secara lisan seperti lelang pada umumnya di mana peserta diharuskan hadir pada waktu lelang berlangsung.

Sebelumnya, Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi menyatakan,  penyelenggaraan lelang ini bukan hanya dalam hal pengumpulan penerimaan negara saja tapi juga menjadi bagian perekonomian Indonesia yang lebih maju.

"Hasil dari lelang sukarela ini akan disalurkan untuk kegiatan sosial sesuai referensi yang diberikan oleh pemilik barang. Sedangkan negara akan memperoleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari bea masuk lelang yang disetor ke kas negara," ungkap dia di Jakarta, Senin (26/2/2018).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini