nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lelang Barang Kesayangan Pejabat, Apa Saja yang Paling Diincar Masyarakat?

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 12:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 28 20 1865854 lelang-barang-kesayangan-pejabat-apa-saja-yang-paling-diincar-masyarakat-EN4cFfTQwJ.jpeg Foto: Yohana Artha Uly/Okezone

JAKARTA - Masyarakat terlihat antusias mengikuti lelang yang diadakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Hal ini juga memperingati 110 tahun lelang Indonesia.

Lelang yang bertemakan "Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Terpercaya" menawarkan sejumlah barang koleksi pribadi dari 18 pejabat.

Di antaranya barang pribadi milik Wakil Presiden Jusuf Kalla, para Menteri Kabinet Kerja, Pejabat Kemenkeu hingga direktur utama Bank BUMN.

Baca Juga: Lelang Barang Sri Mulyani hingga Wapres JK, Begini Antusias Masyarakat

Hingga pukul 10.00 WIB dari pembukaan pendaftaran jam 09.00 WIB, sudah mencapai 63 peserta yang mendaftar lelang dengan sistem konvensional. Adapun untuk slot barang lelang sudah mencapai 139 slot.

Antusias masyarakat memiliki Batang milik pejabat pun terlihat. Seperti yang dinyatakan Fauzi, dirinya menginginkan sepatu milik wakil Presiden Jusuf Kalla yang bermerek JK Collection berukuran 39. Dia sendiri, mengakui mendapat informasi lelang dari pemberian media online.

"Saya ingin sepatu Pak Wapres, soalnya kan ukurannya pas, jadi bisalah. Ini untuk dipakai pribadi saja," ungkap warga yang datang dari Tangerang.

Selain Fauzi, ada pula, Nunu Samosri, asal Bekasi yang mengincar tiga kain Nusantara dari Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. 

Baca Juga: Kemenkeu Lelang Barang Kesayangan Jusuf Kalla hingga Sri Mulyani Hari Ini

"Ini kan khas daerah menurut saya bagus saya kebetulan belum punya," ujarnya saat ditanya alasan memilih barang. 

Menurutnya, bila mendapatkan barang lelang milik Menkes tersebut menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

"Kan ini dari Bu menteri, kapan lagi gitu punyanya Bu Menteri, (kan) kebanggaan," paparnya.

Ada juga Rizki, peserta lelang lainnya yang mengincar 8 barang lelang dari beragam koleksi para pejabat.

"Ingin batik Menteri Rini, Topi Bu Menlu, Sepatu Menperin (Airlangga), baju songket dan 2 sepatu Bu Wapres, Sepatu dari Wapres," ujar peserta asal Jakarta ini.

Dia mengatakan, barang lelang nantinya digunakan secara pribadi. Menurutnya, barang-barang hasil lelang akan memiliki nilai sejarah sehingga ia tertarik untuk mengikuti pelaksanaan lelang ini.

"Ini barangnya kan dari historisnya juga, punya nilai sejarah," pungkasnya.

Untuk diketahui, 18 tokoh yang memberikan barangnya untuk dilelang, selain Jusuf Kalla yaitu Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla. 

Kemudian terdapat barang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari. Lalu ada pula Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Daftar Lengkap 21 Barang Jusuf Kalla dan Istri yang Ikut Dilelang

Lalu para pejabat dari Kementerian Keuangan yang melelang barangnya yakni Sekertaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi, serta Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono. 

Ada pula barang dari Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata, Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Boediarso Teguh Widodo, Dirjen Pajak Kemenkeu Robert Pakpahan, Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Lukman Effendi serta Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman.

Sementara itu terdapat juga direktur utama (dirut) dari bank BUMN, yaitu Dirut Bank BRI Suprajarto dan Dirut Bank BNI Achmad Baiquni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini