nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Undang Menaker, Komisi IX Bahas Pekerja Infrastruktur hingga Pengangguran

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 17:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 20 320 1875484 undang-menperin-komisi-ix-bahas-pekerja-infrastruktur-hingga-pengangguran-SYaFwklARy.jpg Rapat Kemenperin dengan DPR. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat kerja dengan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri terkait dengan isu terkini mengenai tenaga kerja Indonesia, salah satunya kecelakan kerja yang kerap terjadi di sektor pembangunan infrastruktur.

Sebelum memulai rapat, Ketua Komisi IX Dede Yusuf pun meminta maaf atas keterlambatan rapat karena ada Sidang Paripurna yang baru saja dilakukan. Seharusnya rapat kerja dimulai pada pukul 14.00 WIB, namun molor sampai pukul 16.30 WIB.

"Dikarenakan ada paripurna, terkait isu sedang hangat. Jadi izinkan saya buka rapat dihadiri 15 anggota dari 9 praksi," ujarnya, di ruang rapat Komisi IX, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Baca Juga: Izin Tenaga Kerja Asing Dipermudah, Ini Syarat Baru dari Pemerintah

Adapun isu terhangat tersebut, adalah terkait sikap Kemenaker terkait banyaknya kecelakan kerja kontruksi. Bagaimana sikap Kemenaker terkait jaminan sosial untuk pekerja kontruksi.

"Proyek infrastruktur dan jaminan sosial, artinya pemerintah marak dengan program infrastruktur dan serapan pekerja lokal berapa yang terserap termasuk kecelakaan kerja di bidang infrastruktur yang semakin marak," jelas dia.

Baca Juga: Kemenaker-Kemendagri Integrasikan Data Ketenagakerjaan dan Kependudukan

Selain itu, Komisi IX juga meminta penjelasan mengenai roadmap tenaga kerja Indonesia dan usaha Kemenaker dalam kurun 50 tahun akan ada 50 juta pekerja kovensional yang tergerus dengan dunia digital.

"Walaupun ada transformasi 40 juta tenaga kerja ke digital, artinya masih ada 10 juta tenaga kerja yang diprediksi tidak bekerja. Kita minta penjelasannya," tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini