Uber Jual Perusahaan Asia Tenggaranya untuk 27,5% Saham Grab

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 278 1877831 uber-jual-27-5-saham-perusahaan-asia-tenggara-ke-grab-xEuVT19ySn.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Uber Technologies, perusahaan transportasi online asal Amerika Serikat, telah setuju untuk menjual bisnisnya yang beroperasional di Asia Tenggara pada kompetitor terbesarnya, Grab.

Sebagai bagian dari transaksi, Uber akan mendapatkan saham di perusahaan Asia Tenggara tersebut sebesar 27,5%. Selain itu, CEO Uber Dara Khosrowshahi juga akan bergabung dengan dewan Grab.

Baca Juga: Pendiri Uber Jual 29% Saham ke SoftBank

"Kesepakatan ini adalah bukti pertumbuhan luar biasa Uber di seluruh Asia Tenggara selama lima tahun terakhir. Ini akan membantu kami menggandakan rencana kami untuk tumbuh," ujar Khosrowshahi seperti dilansir dari CNBC, Senin (26/3/2018).

Ekspektasi konsolidasi di persaingan industri transportasi online di Asia, dipicu setelah SoftBank Group Corp Jepang membuat investasi multi-miliar dolar di Uber. Seorang investor Uber sebelumnya mengatakan bahwa mereka menutup unit Asia Tenggara, dan memungkinkan tujuan perusahaan untuk IPO lebih realistis.

Baca Juga: Curhat Mantan Pegawai Akhiri Kiprah Travis Kalanick di Uber

Saat ini, Grab menyediakan layanan mobil pribadi, sepeda motor, taksi, dan carpooling di lebih dari 100 kota di seluruh Asia Tenggara. Perusahaan mengklaim memiliki 95% pangsa pasar pada taksi online ketika mengumumkan rencana untuk menaikkan lebih dari USD2,5 miliar dari SoftBank dan investor lainnya pada tahun 2017. (yau)

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini