Perry Warjiyo, Anak Petani yang Jadi Gubernur BI

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 01 April 2018 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 01 20 1880583 business-shot-perry-warjiyo-anak-petani-yang-jadi-gubernur-bi-KRllFLBUk3.jpg Ilustrasi (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Perry Warjiyo telah lulus uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI). Dengan demikian, Perry akan menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatannya pertengahan Mei 2018.

Perry merupakan calon tunggal Gubernur BI yang diajukan Presiden Joko Widodo.  Fit and proper test sendiri yang dilakukan di Komisi XI DPR RI pada Rabu 28 Maret 2018.

"Komisi XI kami sudah memutuskan secara musyawarah mufakat secara bulat 10 fraksi memutuskan untuk Gubernur BI saudara Perry Warjiyo," ungkap Ketua Komisi XI Melchias Markus Mekeng di DPR RI.

Baca Juga : Perry Warjiyo: Saya Mengagumi Kepemimpinan Agus Marto

Selain memilih Perry sebagai Gubernur BI, juga diputuskan jabatan Deputi Gubernur BI akan diserahkan pada Dody Budi Waluyo.

"Kami juga sepakat untuk Deputi Gubernur BI dipilih saudara Doddy Budi Waluyo," imbuhnya.

Hasil keputusan tersebut rencananya akan disampaikan dalam rapat Paripurna pada Selasa depan, 3 April 2018.

"Hari ini kita kasih surat kepada Pimpinan DPR (Bambang Soesatyo), untuk dijadwalkan di paripurna. Kalau Selasa jadi ada paripurna, bisa dibacakan hasil kita," pungkasnya.

Melansir situs BI, Perry Warjiyo telah menjabat sebagai Deputi Gubernur BI dengan masa periode 2013-2018. Pria kelahiran Sukaharjo, 25 Februari 1959 ini sebelum menjadi Deputi Gubernur, dia menjabat sebagai Asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional di Bank Indonesia. Jabatan tersebut diemban setelah menjadi Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter, Bank Indonesia.

Baca Juga : Sri Mulyani: Selamat Bekerja Pak Perry Warjiyo

Perry pun tak menyangka ada di posisi saat ini. Perry mengisahkan, dirinya berasal dari keluarga petani, yang sangat tidak mampu. Namun dalam perjalanannya, dia pun sempat dipercaya DPR menjadi Deputi Gubernur BI sejak 5 tahun terakhir.

"Dengan sepenuh hati, Bapak, Ibu sekalian saya ini  adalah orang desa, orang petani, dari keluarga sangat miskin, itulah perjalanan saya dari desa sampai kemudian Alhamdulliah 5 tahun lalu juga saya duduk di sini juga lakukan fit and proper test sebagai Deputi Gubernur," kisahnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Otoritas Jasa Keuangan hingga Dirjen Pajak siap bekerjasama dengan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI yang baru.

 (feb)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini