nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Ingin Gunakan 3D Printing seperti Dubai

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 10:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 04 320 1881873 presiden-jokowi-ingin-gunakan-3d-printing-seperti-dubai-HalZPSwSZZ.jpg Ilustrasi (Foto: Biro Pers Istana)

JAKARTA - Revolusi industri 4.0 pada semua sektor, termasuk manufaktur. Penggabungan teknologi ini mampu mewujudkan, antara lain 3D printing.

Dalam acara peluncuran Making Indonesia 4.0, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan, bahwa setiap negara sekarang berlomba mempersiapkan diri mengantisipasi perubahan industri ini. Bisa dilihat, ada teknologi 3D printing menunjukkan sudah ada robot bidang konstruksi yang bisa mencetak sebuah rumah.

 Baca juga: Apa Itu Industri 4.0? Ini Penjelasan Presiden Jokowi

"Tinggal hanya dalam waktu 24 jam. Bayangkan menggunakan teknologi 3D printing dengan biaya hanya kurang lebih sepertiga ongkos konstruksi yang tradisional yang lama. Kita bisa bayangkan akan terjadi revolusi seperti apa nantinya," tuturnya, di JCC, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Dia melanjutkan, pemerintah Dubai pada tahun lalu sudah mengumumkan niatnya untuk 25% dari semua bangunan baru di Dubai dalam 20 tahun ke depan akan memakai teknologi 3D printing. Pemerintah Dubai ingin mempercepat proses-proses konstruksi.

 Baca juga: Revolusi Industri 4.0 Dinilai Jadi Ancaman, Presiden Jokowi: Semua Tergantung Kita

"Perubahan-perubah seperti ini yang kita harus mengerti kita harus paham dan kita harus bisa mengantisipasi. Kembali lagi, jadi 25% dari semua bangunan baru di Dubai dalam 20 tahun ke depan akan memakai teknologi 3D printing supaya lebih efisien yaitu mengurangi pemborosan dalam proses-prosesnya sehingga menghemat biaya konstruksi," tuturnya.

Perkembangan revolusi industri 4.0 ini juga sudah mulai muncul di negara-negara tetangga. Di Changi Airport, Singapura sudah ada robot pembersih karpet yang mengendarai dirinya sendiri secara otonom. Ini artinya, ke depan pekerjaan tukang sapu hilang.

 Baca juga: Di Hadapan Presiden Jokowi, Menperin Jelaskan soal Revolusi Indusri 4.0

"Beberapa hotel di Singapura sudah mulai bereksperimentasi dengan jasa-jasa tertentu yang dilayani oleh robot. Hati-hati, seperti mengantarkan makanan atau room service ke kamar tamu menggunakan robot yang juga berkeliling secara otonom. Bayangkan kalau ini menggejala, tidak hanya di airport, tidaknya di hotel tadi, di semua tempat," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini