Share

10 Pohon Buah yang Cocok Ditanam di Pekarangan

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 470 1882410 10-pohon-buah-yang-cocok-ditanam-di-pekarangan-rjMXgReskF.jpg Ilustrasi: 10 Pohon Buah yang Cocok Ditanam di Pengarangan (Foto Koran Sindo)

JAKARTA - Pekarangan rumah bisa memberi manfaat besar bagi pemiliknya apabila difungsikan dengan baik. Menanam aneka jenis buah-buahan menjadi salah satu cara memaksimalkan lahan pekarangan.

Berikut 10 jenis tanaman buah yang biasa ditanam di pekarangan rumah versi survei litbang yang dirangkum:

Mangga

Mangga menjadi buah paling banyak ditanam di pekarangan rumah. Perawatannya yang mudah adalah salah satu alasan pohon ini banyak dilirik. Rajin memangkas dahan yang menghalangi cahaya matahari, mengiris batang pohon dan rutin memberi pupuk adalah beberapa cara merawat pohon ini agar tetap tumbuh subur.

Jambu Air

Rasanya yang nikmat, membuat buah jambu banyak disukai orang. Walhasil, banyak orang tertarik menanamnya di pekarangan rumah. Tanaman buah ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki kesuburan baik, gembur dan tidak terlalu asam. Jambu air juga tidak memerlukan lahan cukup luas karena bisa ditanam dalam pot.

Rambutan

Selain terkenal dengan kelezatannya, rambutan seringkali dimanfaatkan sebagai pelindung pekarangan. Pohonnya yang rindang dapat membuat suasana nyaman. Menanam pohon ini sangat mudah dan bisa ditanam di lahan terbatas. Namun perlu diperhatikan beberapa hal seperti pemilihan bibit yang bagus serta proses penyiraman.

Belimbing

Belimbing merupakan salah satu jenis tanaman buah yang tidak terlalu rumit cara penanamannya. Hanya memerlukan media tanam di pot yang besar. Namun perlu kehati-hatian saat memindahkan bibit. Berilah pupuk secara berkala dan jangan berlebihan saat menyiramnya.

Pepaya

Menanam pohon pepaya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan media pot atau langsung ditanam di tanah kosong. Jika hendak menanam dengan media pot, perlu diperhatikan saat tanaman sudah tumbuh besar. Hendaknya memindahkan tanaman ke media pot yang lebih besar pula. Jangan tempatkan tanaman ini pada tempat yang terlalu panas dan jangan pula ditaruh di tempat yang sering terkena hujan.

Pisang

 

Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman yang mudah ditanam dengan perawatan tidak terlalu rumit. Semua bagian dari pohon ini bisa dimanfaatkan mulai dari buah, batang hingga daunnya. Namun pada saat musim kemarau, perlu diperhatikan cara penyiraman tanaman ini.

Jeruk

Buah ini terkenal memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat mengatasi panas dalam atau sariawan. Jeruk bisa ditanam di dalam media pot ataupun polybag. Selain menyiapkan pot beserta tanah yang bagus, pilihlah bibit jeruk bagus agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Tanaman ini juga bisa ditanam langsung di tanah tanpa media pot

Kelengkeng

Jika memiliki pekarangan luas, pohon kelengkeng bisa ditanam langsung. Namun jika tidak memiliki lahan besar, bisa menggunakan media pot. Merawat tanaman ini tidak rumit dan standar, hanya perlu membersihkan rumput atau semak yang tumbuh di dekatnya. Lakukan pula pemupukan kembali setelah tanaman berumur satu bulan.

Jambu Biji

Khasiatnya yang banyak menjadikan pohon buah ini acapkali ditanam di pekarangan rumah. Selain buahnya lezat, daun jambu biji juga berkhasiat mengobati sakit perut. Namun, berbeda dengan jambu air, untuk menanam jambu biji diperlukan lahan cukup luas.

Alpukat

Diperlukan trik khusus menanam tanaman ini hingga berbuah maksimal. Pilihlah bibit dengan varietas unggulan. Bibit yang bagus dapat bertahan dari penyakit, serangan hama, dan memiliki produktivitas tinggi. Perhatikanlah iklam atau cuaca saat hendak menanam buah ini. (Bobby Firmansyah)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini