nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Basuki Curiga Jembatan Cincin Lama Ambruk karena Kelebihan Beban

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 320 1888292 menteri-basuki-curiga-jembatan-cincin-lama-ambruk-karena-kelebihan-beban-Ztp0I2yBun.jpg Jembatan Cincin Lama. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya buka suara terkait perisitiwa ambruknya jembatan Cincin Lama, yang menghubungkan Kabupaten Tuban dan Lamongan. Seperti diketahui, ambruknya jembatan Cincin Lama tersebut turun menelan satu korban jiwa.

Menurut Basuki, ambruknya jembatan cincin lama tersebut diduga karena kelebihan muatan sehingga membuat jembatan tidak mampu menahan beban. Apalagi, mayoritas kendaraan yang melewati jembatan tersebut adalah kendaraan truk, yang dinilai melebihi kapasitas ketika membawa barang.

"Secara kasat mata, saya melihat ini karena kelebihan beban (overloading)," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Baca Juga: Jembatan Babat Roboh, Polisi Imbau Pengendara Cari Jalur Alternatif

Basuki menambahkan, dari hasil pandangan kasat mata tim di lapangan, tidak ada indikasi terhadap kegagalan konstruksi pada jembatan tersebut. Karena menurutnya, jembatan tersebut dinilai sudah sangat lama dan perawatannya pun berjalan dengan baik.

Apalagi dari sisi perawatan, pihaknya tidak hanya melakukan pengecekan pada struktur jembatan yang diatas saja. Melainkan juga pengecekan pada struktur underwater (bawah air).

"Kalau kita lihat di ringnya itu baru di cat juga. Under strukturnya juga. Jadi kalau perawatan yang di highlight itu struktur atas juga scoring-scoring di bawah air turun diperiksa," jelasnya.

Baca Juga: Kronologi Robohnya Jembatan Babat yang Tewaskan 1 Orang

Meskipun begitu lanjut Basuki, saat ini dirinya masih menunggu laporan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) yang sudah diterjunkan langsung menuju lokasi.

Saat ini, Komite K2 bersama pihak kepolisian masih melakukan identifikasi terkait penyebab ambruknya jembatan cincin lama tersebut. "Saya belum liat langsung ke sana, sekarang masih proses investigasi penyebabnya," ucapnya

  https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 519 1887965 jembatan-babat-roboh-polisi-imbau-pengendara-cari-jalur-alternatif-qrE7K1H6vQ.jpg

Sebagai informasi, sebelumnya Jembatan Widang atau yang biasa disebut Cincin Lama di Kabupaten Lamongan ambruk pada Selasa (17/4/2018) sekitar pukul 11.05 WIB.

Akibat kejadian tersebut, satu dump truk, dua truk tronton dan satu sepeda motor imut terjatuh ke air. Kejadian tersebut juga turut memakan korban jiwa. Tercatat satu korban meninggal dunia akibat ambruknya jembatan tersebut.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini