nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tol Diturunkan, Astra Malah Ingin Tambah Porsi Investasi di Trans Jawa

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 17:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 18 320 1888320 tarif-tol-diturunkan-astra-malah-ingin-tambah-porsi-investasi-di-trans-jawa-CqvVmJdCda.jpg Jalan Tol. (Foto: ANT)

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) menyatakan masih berminat untuk menambah kepemiIikan di Tol Trans Jawa. Jalan tol Trans Jawa tersebut akan diurus oleh anak usahanya di bidang infrastruktur yaitu PT Astratel Nusantara (Astra Infra).

Melalui anak usahanya tersebut, perusahaan telah menanamkan investasi di beberapa ruas Tol Trans Jawa, salah satunya adalah Tol Cikopo-Palimanan serta beberapa ruas lainnya di Jawa Tengah.

Head of Investor Relations PT Astra International Tbk (ASII) Tira Adianti menjelaskan, ASII tengah mengkaji pilihan ruas Tol Trans Jawa untuk kembali menanamkan investasi.

"Yang jelas bicara mengenai tol mana yang kita minat, kita minatnya Trans Jawa, enggak di luar Jawa," kata dia di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Baca Juga: Dikebut, Konstruksi Tol Solo-Ngawi Capai 90%

Tira menyebut, pilihan investasi di Tol Trans Jawa adalah dengan pertimbangan volume traffic yang masih berpusat di Pulau Jawa. "Sebagai investor tentunya kami ada hitungan harus prediksi trafiic volume, dan yang masuk dalam hitungan investasi kami ya itu di Trans Jawa," imbuh dia.

Berkaitan dengan rencana pemerintah untuk menurunkan tarif tol, dia mengatakan bahwa kebijakan tersebut tidak mengurangi minat perusahaan untuk kembali menambah kepemiIikan di Tol Trans Jawa. Sebab, pemerintah selama ini dinilai dapat menjaga kesepakatan kerjasama investasi dengan pihak swasta terlepas dari berbagai kebijakan yang diterbitkan.

https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 10 320 1884851 1-bulan-lagi-tol-solo-ngawi-beroperasi-berapa-tarifnya-0fU5UJhDBJ.jpg

Di samping itu, perseroan juga tidak khawatir dengan adanya penurunan tarif, sebab pemerintah telah menjanjikan insentif lain, salah satunya dalam bentuk perpanjangan konsesi jalan tol.

"Bottom line nya pemerintah kan punya tujuan untuk biaya logistik jadi efisien dan mereka selalu honor itu, dan yang saya tangkap setiap kebijakan pemrintah akan mencoba untuk win-win solution," tutup dia.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini