nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tol Ngawi-Wilangan Diberlakukan Mulai 1 Mei, Ini Besarannya

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 27 April 2018 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 27 320 1892187 tarif-tol-ngawi-wilangan-diberlakukan-mulai-1-mei-ini-besarannya-VmiB4SmPZQ.jpg Ilustrasi: Jalan Tol (Foto: Antara)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menatapkan tarif jalan tol ruas Ngawi-Wilangan.

Ruas tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada akhir bulan Maret 2018 lalu, ini memiliki panjang 52 kilometer (km).

Dimana Segmen Simpang Susun (SS) Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km dioperasikan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), sedangkan Seksi Klitik (Ngawi)-Wilangan sepanjang 48 Km dioperasikan  PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK).

Melalui Keputusan Menteri PUPR No. 306/KPTS/M/2018 dan No. 308/KPTS/M/2018 tanggal 23 April 2018 menetapkan golongan jenis kendaraan dan penetapan besaran tarif bagi Ruas Jalan Tol Ngawi-Wilangan.

(Foto: Tol Ngawi-Kertosono (Klitik-Wilangan) Dok. Jasa Marga)

Tarif akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 Mei 2018 pukul 00.00 WIB, setelah sebelumnya tarif di ruas jalan tol tersebut telah digratiskan sejak 31 Maret 2018 sebagai bentuk sosialisasi kepada pengguna jalan.

Berdasarkan surat Keputusan Menteri PUPR tersebut, maka ditetapkan tarif dan golongan jenis kendaraan bermotor pada Ruas Jalan Tol Ngawi-Wilangan.

Golongan I meliputi sedan, jip, pick-up/truk kecil, dan bus. Golongan II yakni truk dengan 2 gandar, golongan III meliputi truk dengan 3 gandar.

Baca Juga: Tarif Tol Diturunkan, Astra Malah Ingin Tambah Porsi Investasi di Trans Jawa

Kemudian, golongan IV meliputi Truk dengan 4 gandar, serta golongan V meliputi truk dengan 5 gandar atau lebih.

"Dengan ditetapkannya golongan dan tarif, maka Ruas Jalan Tol Ngawi-Wilangan siap beroperasi penuh dan menjadi pelengkap proyek Jalan Tol Trans Jawa yang akan membentang dari Merak hingga Banyuwangi yang juga diharapkan dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya di Pulau Jawa," jelas Jasa Marga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/4/2018).

Berikut terlampir daftar tarif jalan tol ruas Ngawi-Wilangan.

(yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini