nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musrenbangnas Hari Ini Bahas Rencana Sosial hingga Infrastruktur di Sulawesi dan Gorontalo

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 11:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 09 320 1896187 musrenbangnas-hari-ini-bahas-rencana-sosial-hingga-infrastruktur-di-sulawesi-dan-gorontalo-WowsEKFu9J.jpeg Musrenbangnas 2018 (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2018 pada hari ini, Rabu (9/5/2018) akan membahas kegiatan perencanaan dari 5 provinsi di Indonesia.

Kelimanya yakni Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Murenbangnas ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019. Sehingga sebagai bentuk koordinasi penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah dan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Baca Juga: Setahun Lagi, Ini Fokus Pembangunan Pemerintahan Jokowi-JK

Kelima provinsi akan memaparkan secara menyeluruh perencanaan di setiap bidang. Mulai dari bidang sosial, kesehatan, pertahanan, koperasi, perumahan hingga infrastruktur.

Berdasarkan informasi yang didapat Okezone, Rabu (9/5/2018), pembahasan rencana pembangunan tersebut telah berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB di Hotel Bidakara, Jakarta.

Secara rinci, pembahasan dibagi menjadi 5 kelompok yakni pertama Pembangunan Manusia melalui Pengurangan Kemiskinan dan Peningkatan Pelayanan Dasar, kedua Pengurangan Kesenjangan Antarwilayah melalui Penguatan Konektivitas dan Kemaritiman.

Musrenbangnas

Kemudian Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi dan Penciptaan Lapangan Kerja melalui Pertanian, Industri, Pariwisata dan Jasa Produktif Lainnya, keempat Pemantapan Ketahanan Energi, Pangan, dan Sumber Daya Air, serta Stabilitas Keamanan Nasional dan Kesuksesan Pemilu.

Kelima pembahasan tersebut, dalam Forum Musrenbangnas hari ini akan berlangsung di 16 ruang berbeda di Hotel Bidakara.

Baca Juga: Diminta Kreatif, Ini Jawaban Menteri Bambang untuk Biayai Infrastruktur

Berdasarkan pantauan Okezone, sejumlah peserta Musrenbangnas sudah memadati area Hotel Bidakara. Pegawai pemerintah daerah Badan Pembangunan Daerah (Bapeda) dari kelima provinsi tersebut melalukan registrasi dan pemberian keterangan surat perjalanan tugas dinas (SPPD).

Untuk diketahui, sebelumnya Musrenbangnas RKP 2019 telah dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Senin, 30 April 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Musrenbangnas

Pembukaan ini juga dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas Bambang Brodjonegoro. Selain itu, juga dihadiri para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, para Gubernur, para Bupati/Walikota, serta para pemangku kepentingan pembangunan lainnya.

Dalam dalam pidato pembuka Musrenbangnas RKP 2019 Bambang menjelaskan, bahwa melanjutkan tahun sebelumnya, kebijakan penyusunan RKP 2019 yang mengusung tema Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas. Penyusunan menitikberatkan pada perkuatan pelaksanaan prinsip Money Follows Program melalui pendekatan Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini