Image

Menteri Bambang Inginkan Bank Syariah Bisa Selevel BCA dan Mandiri

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 19:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 14 20 1898250 menteri-bambang-inginkan-bank-syariah-bisa-selevel-bca-dan-mandiri-N3tpOsuiPY.jpg Bambang Brodjonegoro. Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengharapkan adanya bank syariah dengan skala besar seperti bank konvensional. Hal ini seiring tumbuhnya industri keuangan syariah yang sehat dan pesat.

"Kekurangan industri keuangan syariah sekarang mungkin belum adanya bank syariah yang besar. Kalau konvensional kan sudah banyak, Bank Mandiri, BCA dan lainnya. Kita harapkan industri bank syariah bisa capai skala itu," tuturnya, di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, banyaknya bank industri keuangan di Indonesia belum dibarengi dengan kualitas. Padahal, kebanyakan investor lebih senang dengan bank skala besar karena lebih pasti untuk berinvestasi.

Ini yang Dilakukan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Kampus UI Depok

Oleh karena itu dengan adanya bank syariah skala besar, hal itu meningkatkan kepercayaan dan keinginan dari masyarakat untuk mau terlibat di dalam bank syariah.

"Di Dubai ada bank syariah skala besar Dubai Islamic Bank, Malayasia ada CIMB maupun Maybank. Mereka bank skala besar, otomatif bank besar ciptakan namanya trust di kalangan nasabah dan investor," tuturnya.

Bambang Brodjonegoro Hadiri Penganugerahaan Indonesia Road Safety Awards 2017

Menurutnya, merealisasikan bank syariah skala besar kuncinya adalah modal, kedua ekosistem untuk industri halal dan syariahnya sendiri mesti lebih besar di Indo dan harus di dorong semakin banyak produsen yang memproduksi halal dan syariah ini langsung bermitra dengan bank syariah.

"Sekarang sedang dipikirkan berbagai mekanisme, yang paling baik sih ada bank BUMN syariah, bagaimanapun perlu modal dan pengalaman. Tentunya bank BUMN sekarang kan punya pengalaman yg bagus nah kita harap bank BUMN syariah seperti itu," tuturnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini