nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Rute Semarang-Surabaya, Citilink Targetkan Market Share 18,7%

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 18:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 14 320 1898232 buka-rute-semarang-surabaya-citilink-targetkan-market-share-18-7-PBPIhET9vU.jpeg Pesawat Citilink (Foto: Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier (LCC) Citilink Indonesia membuka rute baru Semarang-Surabaya. Rute baru tersebut dapat dinikmati penumpang mulai 15 Mei 2018. 

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, pembukaan rute Semarang-Surabaya dengan pertimbangan potensi wisata dari dua kota bersejarah tersebut. Selain itu, dua kota besar yang merupakan ibu kota provinsi itu merupakan pusat bisnis yang potensial. 

Baca Juga: Bom Guncang Surabaya, Citilink: Tak Ada Penumpang Batalkan Jadwal Penerbangan

"Jadi kita akan punya satu frekuensi mulai besok, sementara satu frekuensi. Semoga rute ini menghasilkan traffic yang baik sehingga bisa menambah seperti rute yang lain," ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Senin (14/5/2018). 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Niaga Citilink Indonesia Andy Adrian menuturkan, jumlah kunjungan wisatawan ke Semarang dan Surabaya cukup tinggi tiap tahunnya, sehingga dia optimis rute baru itu akan menghasilkan traffic yang tinggi. Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya menyatakan, jumlah kunjungan wisatawan selama 2017 mencapai 24 juta orang. Sedangkan jumlah kunjungan wisata ke Kota Semarang dalam satu tahun mencapai angka 5,65 juta wisatawan. 

Ini Dia Wajah Bandara Internasional Islamabad yang Baru Dibangun

"Kali ini Citilink Indonesia connecting the dots antara dua destinasi Semarang maupun Surabaya memiliki tujuan wisata yang memiliki keunikan masing-masing seperti Lawang Sewu dan Klenteng Sam Po Kong di Semarang serta Masjid Cheng Ho di Surabaya sehingga memberikan peran strategis dalam pengembangan pertumbuhan pariwisata," tambah Andy. 

Rute baru tersebut ditargetkan dapat meraih pangsa pasar sebesar (market share) sebesar 18,7% dengan tingkat keterisian penumpang atau Seat Load Factor (SLF) sebesar 85% pada tahun ini. 

Baca Juga: Citilink Bidik Rp10 Miliar dengan Jualan Gantungan hingga Makanan

Sejalan dengan pertumbuhan sektor pariwisata di dua kota tersebut, maka jumlah penumpang dari rute baru ditargetkan mencapai 478.353 penumpang di 2018. Sementara itu, entitas anak Garuda Indonesia ini menargetkan market share domestik sebesar 19% pada tahun yang sama.

Adapun penerbangan Citilink Indonesia rute Semarang Surabaya akan menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang. Penerbangan langsung Semarang-Surabaya dengan kode penerbangan QG 807, dijadwalkan berangkat pada pukul 18.55 WIB dan tiba pukul 20.00 WIB. Sementara penerbangan Surabaya Semarang kode terbang QG 806, dijadwalkan berangkat pukul 20.30 WIB dan tiba pukul 21.30 WIB. 

Lion Air Tergelincir, Bandara Djalaluddin Gorontalo Ditutup 16 Jam

Sebelumnya beberapa rute connecting the dots Citilink Indonesia juga sudah mulai beroperasi seperi rute Jakarta (Soekarno Hatta)- Solo yang sudah beroperasi sejak 1 April 2018, menambah opsi penerbangan Solo -Jakarta yang biasanya hanya dilayani dari bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Solo.

Rute connecting the dots lainnya adalah penerbangan Denpasar-Ujung Pandang yang sudah dimulai sejak 20 April 2018. 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini