nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siap Sambut Pemudik, Begini Kondisi Jalan Tol Batang-Semarang

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 27 Mei 2018 08:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 27 470 1903301 siap-sambut-pemudik-begini-kondisi-jalan-tol-batang-semarang-Whg7tqUHBL.jpeg Jembatan Kali Kuto (Foto: Giri/Okezone)

BATANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono memastikan ruas tol Batang-Semarang sudah bisa dilalui pemudik di musim mudik lebaran tahun ini. Meskipun nantinya, ruas tol ini hanya akan digunakan secara fungsional. 

Menurut Basuki, saat ini pihaknya terus mengebut pengerjaan dari ruas tol yang menghubungkan Batang menuju Semarang tersebut. Sehingga diharapkan, pada H-10 Lebaran, ruas tol ini sudah bisa digunakan pemudik secara fungsional. 

Baca Juga: Belum Ada SPBU, Bensin Wajib Full saat Mudik via Tol Pemalang-Batang

Sebagai gambaran dilapangan, saat ini masih ada beberapa titik yang masih belum tersambung secara penuh. Salah satu yang paling vital adalah masih belum tersambungnya Jembatan Kali Kuto yang saat ini pengerjaannya masih dikerjakan.

"Dari ruas Batang-Semarang sepanjang 75 km kita lihat tadi masih ada progres," ujarnya saat ditemui di lokasi proyek Batang-Semaranf, Jawa Tengah, Sabtu (26/5/2018).

Nantinya, lanjut Basuki,  kondisi jalan pada ruas tol ini nantinya sudah rigid dengan ketebalan cor beton 30 cm, terutama pada 57 km dari total panjang tersebut. Sedangkan sekitar 18 km sisanya bakal dilapisi beton tipis atau lean concrete (LC).

"Semua akan rigid pavement, enggak ada aspal tapi dari Batang tadi kita berhenti terakhir sampai Semarang kita akan rigid pavement. Saat mudik nanti 57 km sudah final construction, tapi sisanya lean concrete dengan kekuatan beton 2.450, sehingga Insya Allah semua oke," jelasnya. 

Tak hanya percepatan pembangunan jalan, Basuki juga menyebut jika pihaknya akan menyediakan rest area untuk pemudik beristirahat. Ada sekitar 8 rest area yang akan disediakan dan kedelapan ya akan memiliki fasilitas SPBU, kuliner hingga parking bay. 

Sementara untuk pembangunan exit tol simpang susun di Kandeman masih dalam progres penyelesaian. Di lokasi ini juga telah dilakukan pemasangan rambu-rambu petunjuk arah keluar tol dan melanjutkan perjalanan ke arah Weleri Kendal.

"Nanti juga ada barier untuk pengamanannya, kalau tadi kita lihat kan tiang-tiangnya, tapi nanti ada bariernya sehingga lebih save untuk dilalui. itu yang jalan," ucapnya. 

Sementara itu di tempat berbeda,  Dirut PT Jasamarga Semarang-Batang Arie Irianto mengatakan, pada ruas Batang-Semarang tersebut ada sedikit titik yang masih terputus karena masalah pembebasan lahan. Pasalnya pada titik  tersebut merupakan tanah wakaf yang masih belum bisa dipindahkan. 

Baca Juga: Gratis, Tol Pejagan-Pemalang Siap Dipakai Mudik Lebaran 2018

Adapun tanah wakaf yang dimaksud adalah seperti masjid dan juga makam. Totalnya ada sekitar 5 tanah wakaf yang terdiri dari makam dan masjid. 

"Kalau wakaf memang belum, tapi nanti akan kita alihkan keluar. Ada masjid, ada makam. Tapi masjid tidak kita bongkar, paling nanti kita detour sedikit. Di situ kita jadikan parking bay untuk pengguna istirahat dan buka. Kalau makam itu sedikit keluar. Itu total ada lima spot, tapi tidak menghambat," jelasnya. (yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini