Tol Cipali Jadi Perhatian Menhub di Musim Mudik Lebaran 2018

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 06 320 1907224 tol-cipali-jadi-perhatian-menhub-di-musim-mudik-lebaran-2018-WnYOSsAncy.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan ada dua titik yang akan tetap di waspadai pada musim mudik tahun ini. Kedua titik yang dimaksud adalah jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Tol tersebut menjadi yang paling padat sebab kedua tol tersebut merupakan akses pertama pemudik dari Jakarta yang akan menuju Cirebon, Jawa Tengah atau Jawa Timur.

"Kita memperkirakan terutama kalau yang dua besar itu tentu Cikampek, Cipali. Dengan di Merak," ujarnya saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Penumpukan Kendaraan Pemudik di Gerbang Tol Cipali Palimanan pada H+4 Lebaran

Kesigapan terutama harus dilakukan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran. Sebab pada puncak arus mudik dan balik lebaran kendaraan yang akan keluar dan melalui kedua jalan tol tersebut akan sangat banyak sekali.

Berdasarkan riset, dirinya memperkirakan puncak arus mudik lebaran akan terjadi dua kali. Yakni pada tanggal 8,9 Juni dan juga 12,13 Juni, sementara puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 Juni.

"Jadi kita bukan memperkirakan saja tapi melakukan riset. Sebelum pengumuman libur panjang, itu memang 12,13. Tapi setelah itu kita evaluasi lagi sekarang ada dua puncak mudik jadi 8,9 12,13 pulangnya juga gitu. Tadinya 24,25 sekarang 19,20 lebih banyak," jelasnya.

Kepadatan Kendaraan Pemudik di Pintu Tol Cipali pada H+3 Lebaran

Meskipun begitu, dirinya mengaku optimis pada musim mudik lebaran tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Sebab sudah ada beberapa ruas tol fungsional yang sudah siap dilalui pemudik.

Apalagi, kondisi jalan tol yang fungsional ini jauh lebih baik dari hari-hari yang lalu. Mulai dari sisi kualitas jalannya yang sudah tidak lagi bertanah merah, hingga fasilitas rest area dan juga SPBU yang sudah disiapkan meskipun hanya sebatas sementara.

"Kemarin saya ke tol fungsional melengkapi persiapan-persiapan kita lakukan trik fungsional jauh lebih baik dari yang lalu," kata Budi

"Jadi jalannya bagus, seluknya juga bagus dan persiapan dari teman-teman kementerian PU dan BUMN sangatlah bagus. Jadi saya confidence itu bisa dilaksanakan dengan bagus. Dan kita sudah nyatakan itu akan berfungsi pada hari Jumat pukul 06.00 pagi," imbuhnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini