nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PGN-Pertagas Resmi Bersatu, Ini Keuntungannya

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 01 320 1916293 pgn-pertagas-resmi-bersatu-ini-keuntungannya-3i4GZss6Cn.jpg Foto: Pipa Gas PGN (Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan secara resmi bersatu dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) setelah ditandatanganinya kesepakatan integrasi kedua perusahaan yang telah dilakukan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Jumat 29 Juni 2018.

Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada, mengungkapkan integrasi Pertagas oleh PGN merupakan aksi korporasi yang biasa dilakukan di dunia bisnis. Setelah integrasi Pertagas, maka PGN menjadi subholding untuk mengelola bisnis gas dibawah koordinasi PT Pertamina (Persero) (Pertamina) sebagai induk holding BUMN migas.

Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor

Reza menyebut, ada begitu banyak dampak positif bagi Pertagas pasca integrasi oleh PGN. Beberapa di antaranya adalah Pertagas bisa menambah jumlah distribusi penyaluran gas melalui pelanggan-pelanggan gas existing PGN. Selain itu, Pertagas dan PGN bisa mengoptimalkan pemanfaatan dana belanja modal untuk membangun infrastruktur secara terintegrasi, tidak lagi tumpang tindih atau berkompetisi satu sama lain.

"Saya melihat lebih ke hal-hal positif dari integrasi Pertagas oleh PGN. Sementara kalau dari sisi negatif, justru kalau misalkan Pertagas ini memiliki utang yang besar, maka akan menjadi bagian PGN untuk menanggung utang tersebut," kata Reza saat dihubungi, Minggu (1/7/2018).

 Pengecekan Regulator System PGN di RS Azra Bogor

Oleh karena itu, menurut Reza, seluruh pihak seharusnya melihat aksi korporasi tersebut dari sisi positif, yang nantinya bisa memperbesar channel distribusi Pertagas.

"Ujungnya, Pertamina yang mengelola PGN kinerjanya juga akan membaik. Karena PGN bersama Pertagas pasti bisa dioptimalkan Pertamina untuk meningkatkan kerja sama di sektor energi lainnya, sampai luar negeri," tukas Reza.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini