Citi Indonesia Siap Naikkan Suku Bunga Deposito

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 02 320 1916641 citi-indonesia-siap-naikkan-suku-bunga-deposito-U1B5NxC7gY.jpeg Dirut Citibank Batara Sianturi (Foto: Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 28-29 Juni 2018 memutuskan untuk menaikkan 50 basis points (bps) 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7-Day RR Rate). Suku bunga acuan kini berada di level 5,25% dari 4,75%.

Menanggapi keputusan bank sentral tersebut, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan siap untuk melakukan penyesuaian atas suku bunga deposito. Akan tetapi, dia perlu berkoordinasi dengan Divisi Konsumer Banking tentang waktu yang tepat untuk penyesuaian suku bunga deposito serta dengan mempertimbangkan situasi pasar.

grafik

"Karena baru di lakukan Jumat pasti akan ada impact di suku bunga deposito," kata Batara di Gedung BEI, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Batara mengatakan, bahwa pihak perseroan perlu menaikkan suku bunga deposito sebab tuntutan dari perkembangan pasar global. Batara juga menilai keputusan bank sentral untuk kembali menaikkan suku bunga sangat tepat sebagai respons kondisi global.

grafik

"Kalaupun naik tergantung daripada portofolio dan kondisi masing-masing. Dan deposito sebentar lagi kita naikan karena BI terus berubah," jelas Batara.

Sekadar informasi, bank sentral di bawah kepemimpinan Gubeenur Bank Indonesia yang baru Perry Warjiyo menerapkan kebijakan yang sifatnya ahead the curve sebagai antisipasi kebijakan The Fed. Baru satu bulan menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo sudah dua kali memimpin Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. Sejak dilantik 24 Mei 2018, Perry telah menaikkan 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7-Day RR Rate) sebanyak dua kali.

Tercatat pada 30 Mei 2018, Perry menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps dan hari ini bank sentral kembali menaikkan bunga sebesar 50 bps. Dengan demikian, selama masa kepemimpinan Perry, suku bunga acuan BI sudah naik 0,75%.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini