BPTJ Siapkan Alternatif jika Penutupan 19 Gerbang Tol Ditolak

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 Juli 2018 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 24 320 1926627 bptj-siapkan-alternatif-jika-penutupan-19-gerbang-tol-ditolak-ylephrY2Zj.jpg Kepala BPTJ Bambang Prihartono (Foto: BPTJ)

JAKARTA - Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan melaporkan wacana penutupan 19 Gerbang Tol (GT) selama Asian Games 2018 kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono sore ini. Hasilnya pun akan disampaikan dalam rapat yang akan dilakukan pada hari ini.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, jika nantinya usulan penutupan 19 gerbang tol tidak disetujui oleh Menteri PUPR, maka pihaknya sudah menyiapkan beberapa alternatif lainya. Salah satunya dengan mengatur lalu lintas secara manual.

Dalam mengatur lalu lintas saat Asian Games agar mobil rombongan atlet bisa tepat waktu sampai ke venue pertandingan akan diatur secara langsung oleh pihak kepolisian. Jika sudah pasti akan menggunakan rencana ini, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak kepolisian.

30 Bendera Negara Peserta Asian Games 2018 Hiasi Kawasan Kota Tua

"Misalnya kita menggunakan tenaga petugas kepolisian manual. Juga kita lihat teman teman kepolisian siap enggak," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Selain menggunakan cara manual, lanjut Bambang, pihaknya juga menyiapkan alternatif lainnya. Seperti membagi antara jalur untuk kendaraan atlet dan juga untuk masyarakat umum.

"Kemudian ada plan lagi menggunakan ring road-nya ini kan separuh buat masyarakat separuh buat Asian Games," kata Bambang.

Mural Bertema Asian Games 2018 di Simprug Jakarta Selatan

"Iya jadi ada pembagian. Kan dia lingkarnya ada dua kan jadi misalnya seperti itu. Tapi kita lihat masih banyak opsi," tambahnya.

Di samping itu, pihaknya juga akan menetapkan aturan pembatasan kendaraan pribadi di jalan-jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Jalan Thamrin dengan sistem ganjil genap. Sistem ganjil genap ini sendiri nantinya akan berlaku dari mulai 06.00 WIB hingga 21.00 WIB selama Asian Games.

"Sudah (diujicoba) kemarin sudah dilaporin. Semua tembus 30 menit. Udah sukses kita itu," ucapnya.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini