nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPTJ Operasikan Bus Rute Bandara Soetta dan Lebak Bulus dari Serpong, Ini Jadwalnya

Hambali, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 15:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 12 320 2065673 bptj-operasikan-bus-rute-bandara-soetta-dan-lebak-bulus-dari-serpong-ini-jadwalnya-7hGL6XuAdG.jpg Foto: Hambali/Okezone

TANGERANG - Guna mengurangi tingkat kepadatan kendaraan di ruas tol, maka kini Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluaskan titik beroperasinya kendaraan bus Transjabodetabek premium dan Jakarta Airport (JA) Connexion tujuan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) serta Lebak Bulus.

Hal itu ditandai dengan flag off sebanyak 10 unit bus yang terdiri atas 6 Bus Transjabodetabek dan 4 Bus JA Connexion di Scientia Square Park (SQP), Summarecon Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (12/6/2019).

 Baca Juga: BPTJ Resmikan Rute Bus Baru Serpong-Jakarta demi Minimalisir Kemacetan

Perum PPD, selaku penyedia jasa pengangkutan penumpang telah menyediakan sejumlah bus demi memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap angkutan umum yang aman dan nyaman.

Nantinya rute ini dapat digunakan oleh masyarakat sekitar dengan tarif promo sebesar Rp15.000 untuk bus Transjabodetabek Premium tujuan Lebak Bulus, dan Rp35.000 untuk bus JA Connexion tujuan Bandara Soetta.

"Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk mulai menggunakan angkutan umum. Sehingga selain dapat mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, juga secara tidak langsung membantu program pemerintah dalam mengurai kemacetan," terang Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa.

Agar memiliki daya tarik bagi penumpangnya, bus-bus itu pun telah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi, stop kontak charger, dan fitur reclining seat. Rencananya keberangkatan bus yang biasanya 1 jam sekali, akan ditekan hingga menjadi 30 sampai 45 menit untuk tiap keberangkatan.

"Semua kami lakukan karena kenyamanan penumpang merupakan prioritas," ujarnya.

 Baca Juga: Pembangunan Terowongan Jalan Tol Jakarta Tunggu Legalitas

Rute keberangkatan di halte Scientia Square Park menuju Lebak Bulus akan dimulai pada pukul 05.45 WIB hingga pukul 08.30 WIB. Sedangkan untuk jadwal kepulangannya pada sore hari, yakni pada pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.15 WIB.

Sementara, untuk Bus JA Connexion di halte Scientia Square Park tujuan Bandara lnternasional Soetta akan dimulai pemberangkatannya pada pukul 05.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Sedangkan untuk jadwal kepulangan, akan dijadwalkan pada pukul 06.15 WIB sampai pukul 21.15 WIB.

"Target kami tahun ini menyediakan 1.000 unit bus, sehingga akan kami siapkan di mana saja yang titik-titiknya diminta oleh masyarakat agar dioperasikan bus ini," ucap Kepala BPTJ Bambang Prihartono.

Pihak Summarecon Serpong sendiri mengaku terus mewujudkan komitmennya memberikan fasilitas yang terintegrasi guna mendukung aktivitas masyarakat luas. Disebutkan, berbagai sarana seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, pusat bisnis, sarana olahraga bertaraf internasional, sarana edukasi hingga fasilitas transportasi dengan akses yang terkoneksi dengan pintu tol Jakarta Merak dan Jakarta BSD turut tersedia di dalamnya.

"Kolaborasi Summarecon dengan Perum PPD kali ini diperuntukan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemacetan sekaligus memudahkan mobilitas warga Summarecon Serpong yang ingin ke kota Jakarta atau menuju bandara dengan lebih mudah dan nyaman," ungkap Executive Direktur Summarecon Serpong Magdalena Juliati.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini