Menteri Susi Bakal Bersihkan Sampah Laut dari Sabang Sampai Merauke

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 08 Agustus 2018 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 08 320 1933689 menteri-susi-bakal-bersihkan-sampah-laut-dari-sabang-ke-merauke-L7oTK2Nj7W.png Foto: Menteri Susi (Instagram)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti akan membersihkan sampah di pantai-pantai dari Sabang sampai Merauke.

Aksi ini akan melibatkan 100.000 lebih pencinta, penjaga dan perawat laut. Menurut Susi, menjaga laut bukan hanya tugas pemerintah saja, namun merupakan tugas semua lapisan masyarakat.

"Menteri susi, KKP dan Pandu Laut di 73 titik dari Sabang sampai Merauke dengan jumlah 100.000 lebih pecinta, penjaga dan perawat laut akan menghadap ke laut untuk membersihkan sampah di pantai-pantai," kata Susi di Jakarta, Selasa (8/8/2018).

 Sampah Cemari Pantai Malagueta di Malaga Spanyol

Sebelumnya, seperti yang diberitakan Okezone, Susi Pudjiastuti meresmikan organisasi berbentuk komunitas, Pandu Laut Nusantara pada Car Free Day (CFD) di depan Menara Bank BCA, Jakarta Pusat.

Dia mengungkapkan jika menjaga laut bukan hanya tugas pemerintah saja, namun merupakan tugas semua lapisan masyarakat.

“Kita harus jaga laut kita, produk masa depan anak cucu kita,” tutur Susi, Minggu 15 Juli 2018.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jika aksi pertama akan dilakukan pada 18 Agustus 2018. Susi mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut andil dengan gerakan kecil yaitu membersihkan sampah.

"Setelah pesta kemerdekaan, kita berdiri sepanjang pantai di daerahnya masing-masing. Kita bersihkan sampah yang ada. Dari Sabang sampai Merauke kita berdiri di pinggir laut jam 4 sore," kata perempuan 53 tahun tersebut.

 Ini Sampah-Sampah yang Berhasil Dikumpulkan Relawan dari Pantai Spanyol

Dia menambahkan, "Kita bersihkan semua laut kita, bersihkan semua sampah-sampah kita, Sehingga laut kita sehat. Bukan cuma untuk snorkeling saja. Tapi untuk makan kita juga cukup."

Seperti, sumber utama protein yang tersebar luas di kelautan Indonesia, yakni ikan sebagai sumber pangan. Menariknya lagi, dia menyatakan jika presiden Joko Widodo juga menyarankan masyarakat Indonesia untuk makan ikan yang banyak. Menurut Susi ikan mampu mencerdaskan bangsa Indonesia dan mencegah kekurangan gizi atau stunting.

"Yang tidak makan ikan itu biasanya kecil. Selain bersihkan sampah di laut, kita semua makan ikan, agar tinggi dan pintar. Kalau laut sehat kita juga sehat, yang tidak makan ikan saya tenggelamkan," pungkasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini