Share

Kenalan dengan Zhang Yong, Pengusaha Restoran Terkaya di Dunia

Rafida Ulfa, Okezone · Senin 08 Oktober 2018 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 08 320 1961168 kenalan-dengan-zhang-yong-pengusaha-restoran-terkaya-di-dunia-C5oaF4nc0m.jpg Pengusaha Restoran Terkaya di Dunia Zhang Yong (Foto: Forbes)

JAKARTA – Zhang Yong ditetapkan sebagai pengusaha restoran terkaya di dunia pada September lalu, Dia membuka tempat di Asia dan seterusnya dengan satu toko setiap tiga harinya.

Dua dekade setelah Zhang menjadi pengusaha restoran terkaya, dia menyambut pengunjung di Provinsi Sichuan tempat asalnya. Dia tidak hanya mengendalikan Haidilao tetapi juga pemasok kaldu pedasnya, pembuat bumbu Yihai Internasional.

Bersama-sama kepemilikan itu, yang dia bagikan dengan istrinya dan tanpa memperhitungkan beberapa perusahaan kecil yang dia miliki. Di usianya yang ke-47 tahun, kekayannya hingga September sebesar USD7,5 miliar atau Rp113 triliun (Rp15.000 per USD).

Baca Juga: Kekayaan Jeff Bezos Tembus Rp2.427 Triliun, Setara Pendapatan Negara Indonesia

Restoran makanan di Cina, Seoul, Singapura atau New York atau LA masih kalah saing dengan masakan Haidilao yang tetap menjadi juara. Keramahan masih terbatas di restoran-restoran skala besar tersebut, sedangkan di Haidilao keramahan tersebutlah yang ditonjolkan.

(Foto: Reuters)

Ini adalah rahasia untuk memuaskan 106 juta tamu per tahun lalu, dengan pendapatan naik 36% menjadi USD10,4 miliar. Dan untuk menjaga kerumunan orang datang setiap saat.

Zhang saat ini memiliki karyawannya sekitar 60.000 dan terus bertambah, memberinya salah satu tingkat retensi tertinggi dalam bisnis, menurut laporan industri Frost & Sullivan yang ditugaskan Haidilao.

Baca Juga: Miliarder Ini Bagikan 10% Keuntungan Perusahaan untuk Karyawan, Siapa Dia?

"Kepercayaan pada staf saya telah membuahkan hasil bagi saya. Memberi mereka tanggung jawab dan otonomi adalah bagaimana Anda menunjukkan kepercayaan," katanya tentang filosofi manajemennya.

Haidilao hanya mempromosikan dari dalam. Perusahaan memberdayakan manajer tokonya, atau shifus, dengan skema insentif seperti ekuitas, memberi mereka bonus sekitar 3% dari keuntungan restoran. Ketika shifu mengambil lokasi baru, dia membawa sepertiga staf restorannya bersamanya, meninggalkan muridnya di belakang sebagai shifu baru di sana. Atau, seorang siswa dapat mengajukan permohonan untuk menjalankan lokasi baru dengan dukungan dari shifu-nya, dalam hal ini, shifu akan mendapatkan potongan dari keuntungan di lokasi baru.

(Foto: Reuters)

Hari demi hari, seluruh tim di setiap toko membutuhkan Wi-Fi dan fasilitas pencuci untuk disediaka. Dengan demikian, tongkol berukuran besar di dapur, dengan wangi mendidih dari masakan puluhan staf, satu-satunya dapur terpusat di tempat itu. Sup kaldu, atau pot, sudah dikemas dengan 760 gram yang akan dimuat ke dalam kompor otomatis. Produk segar ditimbang di sana untuk memastikan ukuran porsi yang sama.

Dalam semua aspek bisnisnya, Zhang sangat efisien. Asal-usul Haidilao adalah kafe empat meja yang yang dibuat karena dirinya yang putus sekolah tinggi. Akhirnya Zhang berkeliling untuk membuka toko makanan di kota Jianyang, di mana dia menikmati keuntungannya bertumbuh.

"Setiap kebaikan yang saya perlihatkan meninggalkan kesan yang luar biasa pada saya," katanya.

(Feb)

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Zhang dan rekan-rekannya telah mendirikan perusahaan terpisah untuk menangani pergudangan dan pasokan bahan makanan, serta pekerjaan renovasi dan video keamanan untuk Haidilao dan restoran lain. Perusahaan lain dari mereka menyediakan manajemen SDM.

Haidilao juga memiliki peluncuran cepat dengan sains. Lokasi baru dicapai mungkin dalam satu hingga tiga bulan. Bagaimana bisa begitu andal? Perusahaan telah mengembangkan platform kecerdasan buatan dengan Alibaba Cloud untuk meningkatkan pemilihan lokasi. Algoritmanya menyaring target berdasarkan kepadatan penduduk, peluang komersial, tempat makan terdekat dan tempat kehidupan malam seperti bar karaoke.

Pertimbangan lain termasuk reputasi pengembang real estate dan aksesibilitas ke transportasi umum. Lee Theatre Plaza, di daerah Causeway Bay yang ramai menarik banyak wisatawan daratan, muncul sebagai pilihan utama untuk pulau Hong Kong. Ini adalah toko yang baru saja dibuka - Hong Kong pertama ada di Kowloon, Yau Ma Tai. (Penutup delapan restoran yang terjadi dalam empat tahun terakhir, kata Zhang, berasal dari perubahan dalam zonasi lokal dan aturan bangunan komersial.)

Platform AI juga menggambarkan manajemen persediaan terpusat. Program pembelajaran mendalam berdasarkan pada pola tingkat turnover meja dan tren konsumsi kebutuhan pasokan, sementara juga menjaga pengawasan keamanan untuk bahan-bahan segar seperti domba yang bersumber dari Inner Mongolia dan Selandia Baru.

Beberapa investor khawatir target pertumbuhan akan sulit tercapai, mengingat bahwa kota-kota Tier 1 mencapai titik jenuh. CEO, dengan bangga memakai logo perusahaan emas di kerahnya. "Lebih baik untuk skala cepat dan berada di mana-mana daripada memiliki satu eksistensi yang menjulang tinggi," katanya. Haidilao tidak tertarik dengan sektor premium. Ia ingin menyajikan makanan yang lebih terjangkau di kota-kota tingkat rendah.

Namun setahun lalu, Zhang mengatakan di TV bahwa dia tidak akan mendaftarkan perusahaannya karena "restoran padat karya, bukan padat modal." Dan bahwa mengambil publik Haidilao tidak akan membantu restoran berkembang di AS dan Inggris.

(Feb)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini