nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Pertamax Naik, Masyarakat Kini Beralih ke Pertalite

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 11 320 1962668 harga-pertamax-naik-masyarakat-kini-beralih-ke-pertalite-YPGCCGTB8M.jpg Masyarakat Mulai Beralih ke Pertalite (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) resmi menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya Pertamax Series dan Dex Series serta Biosolar Non PSO pada tanggal 10 Oktober 2018.

Pantauan Okezone, terlihat pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan Kuningan, Jakarta, banyak masyarakat yang melakukan pengisian BBM jenis Pertalite dibandingkan dengan Pertamax series.

"Dari pagi tadi lumayan banyak yang lakukan pengisian BBM jenis Pertalite dari pada Pertamax," kata salah satu penjaga SPBU, Hery dilokasi, Kamis (11/10/2018).

Baca Juga: Kenaikan BBM Mesti Cermat Karena Menyangkut Hajat Hidup Orang

Sementara itu, salah seorang warga, Tikno mengatakan bahwa kenaikan Pertamax itu, membuatnya pindah jenis BBM dari Pertamax ke Pertalite. Sebab harganya per liter cukup jauh dan juga bisa menghemat pengeluarannya.

"Kemarin kan Pertamax sudah diumumin naik. Jadi saya sengaja melakukan pengisian Pertalite aja, karena tidak terlalu mahal," tuturnya.

Dia berharap, agar BBM bersubsidi seperti Premium dan solar tidak naik pada tahun ini. Karena masyarakat kalangan kelas bawah masih bergantung pada premium.

"Saya yakin pemerintah tidak akan menaikkan BBM jenis Premium dalam waktu dekat ini," ungkapnya.

Baca Juga: Kenaikan Harga BBM Pertamax Tak Berlaku di Lombok dan Palu

Sebelumnya, penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik di mana saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus USD80 dolar per barel, di mana penetapannya mengacu pada Permen ESDM Nomor 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

Atas ketentuan tersebut, maka Pertamina menetapkan penyesuaian harga. Sebagai contoh di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, harga Pertamax Rp 10.400/liter, Pertamax Turbo Rp 12.250/ liter, Pertamina Dex Rp 11.850/liter, Dexlite Rp 10.500/liter, dan Biosolar Non PSO Rp.9.800/liter.

 (Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini