nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos JICA Tanya ke Direksi MRT: Kapan Proyek Fase II Dikerjakan?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 17:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 11 320 1962744 bos-jica-tanya-ke-direksi-mrt-kapan-proyek-fase-ii-dikerjakan-AI2bAyO2kl.jpg Foto: Bos JICA Pantau Depo MRT Lebak Bulus (Giri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka bertemu dengan jajaran direksi PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Pertemuan yang berlangsung sore ini sendiri dilakukan di Depo Kereta MRT Jakarta Lebak Bulus.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, dalam pertemuan tersebut bos JICA menanyakan progres pengerjaan MRT Jakarta. Sebab, proyek kereta yang menghubungkan dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI itu dibiayai oleh JICA.

Pembangunan konstruksi proyek MRT Jakarta fase satu sendiri yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia saat ini sudah mencapai 96,53%. Angka tersebut mengalami kemajuan dibandingkan progres fisik per akhir Agustus lalu yang hanya sekitar 95,97%.

Baca Juga: Bos JICA Blusukan ke Depo MRT Lebak Bulus, 'Jajal' Jadi Masinis

Perkembangan tersebut terdiri dari pembangunan stasiun layang (elevated) 95,36%. Sedangkan untuk stasiun bawah tanah (underground) sudah mencapai 97,71%.

"Tadi (Bos JICA) ngelihat dan mempertanyakan progres (konstruksi) MRT Jakarta," ujarnya saat ditemui di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

 

Dalam pertemuan tersebut juga, Bos JICA membicarakan mengenai proyek MRT Fase II. Proyek MRT Jakarta Fase II sendiri akan menghubungkan dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan.

Baca Juga: Harus Disubsidi, MRT Jakarta Usul Tarif Rp10.000

Menurut William, Bos JICA menginginkan agar proyek fase II bisa segera dilaksanakan. Dirinya menargetkan pada bulan ini loan agreement antara MRT Jakarta dengan JICA sudah bisa dilakukan.

"Ada obrolan dipercepat untuk fase II. Bulan ini loan agreement," ucapnya.

 

Sementara itu Presiden JICA menyebut siap untuk membiayai proyek lanjut MRT Jakarta fase II. Apalagi menurutnya, Indonesia merupakan negara yang sangat menarik bagi Jepang untuk berinvestasi.

"Jadi kami akan mendukung kelanjutan dari pembangunan ini (MRT Jakarta fase II)," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini