nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JICA: Sudah Saatnya Jakarta Punya Transportasi Modern Seperti Jepang

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 18:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 11 320 1962781 jica-sudah-saatnya-jakarta-punya-transportasi-modern-seperti-jepang-qFRlnLLqbg.jpg Foto: Bos JICA Pantau Depo MRT Lebak Bulus (Giri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka mengunjungi depo kereta Masa Rapid Transit (MRT) Jakarta di Lebak Bulus pada sore hari ini. Dalam kunjungannya, Shinichi di dampingi jajaran Direksi dari PT MRT Jakarta.

Adapun beberapa jajaran Direksi yang ikut mendampingi Shinichi pada sore hari ini adalah Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar. Selain itu ikut mendampingi juga Direktur Operasi dan Pemeliharaan Agung Wicaksono, Direktur Kosntruksi Silvia Halim.

Dari pantauan Okezone di lapangan, Presiden JICA tiba di depo MRT Jakarta pada pukul 15.00 WIB dan langsung menggelar pertemuan tertutup dengan jajaran Direksi MRR Jakarta di kantornya. Usai melakukan pertemuan, Presiden JICA menyempatkan diri untuk melihat rangkaian kereta MRT yang ada di Depo Lebak Bulus.

Baca Juga: Bos JICA Blusukan ke Depo MRT Lebak Bulus, 'Jajal' Jadi Masinis

Bahkan Bos JICA itu sempat merasakan langsung masuk ke dalam gerbong kereta MRT. Tak hanya itu, Bos JICA itu mencoba untuk melihat ruang kendali masinis kereta MRT Jakarta yang terletak di gerbong paling depan kereta.

 

Usai melakukan tinjauan, Shinichi mengaku senang melihat program MRT Jakarta yang terus berkembang. Dirinya optimis pengerjaan MRT ini bisa selesai tepat waktu dan bisa beroperasi pada Maret 2019 mendatang.

Pembangunan konstruksi proyek MRT Jakarta fase satu sendiri yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia saat ini sudah mencapai 96,53%. Angka tersebut mengalami kemajuan dibandingkan progres fisik per akhir Agustus lalu yang hanya sekitar 95,97%.

Perkembangan tersebut terdiri dari pembangunan stasiun layang (elevated) 95,36%. Sedangkan untuk stasiun bawah tanah (underground) sudah mencapai 97,71%.

"Saya sangat senang melihat langsung progres konstruksi yang sudah mencapai 96%. Saya menginginkan agar Maret 2019 bisa beroperasi," ujarnya di Depo Kereta MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (11/10/2018).

 Baca Juga: Harus Disubsidi, MRT Jakarta Usul Tarif Rp10.000

Shinichi berharap dengan beroperasinya MRT Jakarta pada 2019 bisa membantu untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat Jakarta. Selain itu, dirinya juga berharap agar beroperasinya Jakarta ibisa menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota metropolitan yang maju dan modern.

"Ini adalah momentum untuk mempunyai Metro (transportasi modern seperti di Jepang) dan ini adalah rangkaian kereta yang baru. Jadi saya sangat senang melihatnya," jelasnya.

 Aktivitas Pekerja di Depo MRT Lebak Bulus

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini