nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos IMF: Permasalahan Dunia Semakin Kompleks

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 11:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 20 1963019 bos-imf-permasalahan-dunia-semakin-kompleks-T4omrpJuMO.jpeg Bos IMF Lagarde (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde, menekankan pentingnya negara-negara bergerak bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah multilateral.

Hal itu ditegaskan oleh Lagarde di acara puncak pertemuan IMF World Bank di hadapan Presiden World Bank Jim Yong Kim, Presiden Indonesia Joko Widodo, sejumlah pejabat ekonomi dunia,di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/11/2018).

Baca Juga: Presiden World Bank Ungkap Ada 2 Masalah Besar bagi Negara Kaya dan Miskin

Lagarde menekankan konsep multilateralisme baru, yang terbagi menjadi dua dimensi. Pertama, dimensi moneter dan fiskal. Kedua, dimensi ketidaksetaraan (inequality), teknologi, dan kesinambungan (sustainability).

"Permasalahan dunia yang semakin kompleks tersebut hanya dapat diselesaikan bersama-sama, melalui kerja sama antarnegara, mempertimbangkan efek yang mungkin dirasakan masyarakat," ujarnya.

ASEAN Leaders Gathering Digelar di Sela-Sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 

Hal senada juga diutarakan oleh Presiden World Bank Jim Yong Kim. Dia menegaskan bahwa terdapat dua masalah yang dihadapi seluruh negara. Masalah tersebut tidak hanya dihadapi negara miskin, tetapi juga negara kaya.

"Kedua masalah tersebut adalah perubahan iklim dan human capital," ujar Jim Yong Kim, di lokasi yang sama.

Baca Juga: Indonesia Dapat Komitmen Investasi di Bidang Infrastruktur Rp202 Triliun

Menurutnya, negara-negara harus bergerak bersama untuk memperbaiki kedua hal tersebut, untuk memastikan dunia yang baik bagi generasi mendatang. "Gerakan tersebut harus dilakukan saat ini juga," tegasnya.

Dengan komitmen seluruh dunia untuk bergerak bahu-membahu memperbaiki dunia, gejolak ketidakpastian global diharapkan dapat segera berlalu.

Pertemuan IMF-WB, Presiden Jokowi Ingin Kembangkan Inovasi Fintech di Indonesia

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini