nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Bocoran soal Ujian CPNS, Menpan-RB: Itu Bohong

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 11:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 22 320 1967179 beredar-bocoran-soal-ujian-cpns-menpan-rb-itu-bohong-Dnq03GIK9I.jpg Foto: Menpan-RB Syafruddin soal Ujian CPNS (Giri/Okezone)

JAKARTA - Pasca-pengumuman seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, beredar dokumen yang mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Dalam dokumen yang menggunakan logo resmi Kemenpan-RB itu terdapat soal-soal yang akan diujikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018.

Menanggapi hal tersebut, Menteri PANRB Syafruddin mengatakan jika informasi tersebut bohong. Sebab menurutnya, tidak mungkin bocoran tersebut akan muncul sementara soal untuk SKD pun belum dibuat.

Baca Juga: Ujian CPNS Segera Dimulai, Waktunya Hanya 90 Menit

Lagipula, pihaknya sudah melakukan penandatanganan nota Kesepemahaman (MoU) dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) agar pengawasan seleksi CPNS bisa diperketat. Sehingga sangat tidak mungkin soal tersebut bisa bocor ke publik.

"Tidak benar itu bohong. Udah jangan dengar itu kita udah MoU itu udah sangat ketat. Tidak mungkin bocoran itu akan muncul. Karena soalnya sendiri belum dibikin," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (21/10/2018).

Baca Juga: Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 Diumumkan Serentak pukul 19.00

Syafruddin mengaku sudah meminta bantuan kepada pihak kepolisian untuk mulai berjaga dan mengawasi sejak saat ini. Apalagi, beberapa instansi sudah siap menggelar SKD karena yang bersangkutan sudah mengumumkan siapa saja pelamar yang lolos seleksi administrasi.

"Udah operasi itu udah jalan operasinya enggak usah khawatir," ucapnya.

Baca Juga: Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 di Sini

Syafruddin berjanji jika dalam pelaksanaan SKD ditemukan kecurangan maka pihak kepolisian akan segera bertindak. Termasuk jika ditemukan ada yang memperjual belikan soal SKD kepada publik.

"Ya nanti ditangkap (yang menyebarkan soal SKD CPNS, kan kita udah MoU sama polri. Jadi lihat aja nanti itu orang orang itu (kita tangkap)," tegasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini