nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesiapan Seleksi CPNS 2018 Kurang Matang, Ini Sederet Masalahnya

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 12:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 23 320 1967754 kesiapan-seleksi-cpns-2018-kurang-matang-ini-sederet-masalahnya-nHGRdTVEGn.jpg Ilustrasi: Foto Antara

JAKARTA - Pemerintah dinilai kurang matang dalam mempersiapkan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Pasalnya, banyak instansi yang lambat mengumumkan seleksi administrasi.

Seperti pengumuman seleksi administrasi dijadwalkan pada 21 Oktober, tetapi sebagian besar instansi pembuka rekrutmen lambat mengumumkannya.

“Ini seharusnya sudah bisa diantisipasi. Seharusnya persiapan lebih matang. Kalau ada yang molor, berarti kesiapannya belum maksimal,” kata pakar administrasi Publik Universitas Padjadjaran Yogi Suprayogi saat dihubungi.

Baca Juga: Diaspora 'Ogah' Jadi CPNS, Menpan-RB Perbolehkan Instansi Geser-Geser Formasi

Yogi menduga, salah satu penyebab lambatnya pengumuman seleksi administrasi adalah masalah teknis. Dia menyebut perpanjangan waktu pendaftaran juga menjadi penyebab. Pasalnya, waktu bagi instansi melakukan verifikasi data semakin sempit.

“Iya ini memang karena masalah teknis. Lalu, persoalan terlambatnya instansi upload data ke sistem. Server juga sempat down,” ungkapnya.

 Baca Juga: Atlet Berprestasi di Atas 35 Tahun Bisa Jadi Pegawai BUMN, Bagaimana dengan Bos Djarum?

Di sisi lain, dia juga menduga proses verifikasi dokumen yang begitu rigid memiliki sumbangsih atas keterlambatan itu. Dia mengatakan masing-masing verifikator harus memeriksa satu per satu dokumen pelamar. Terlebih lagi data yang ada di pemerintah belum di update.

“Misalnya terkait latar belakang pendidikan. Ada program studi administrasi negara dan ada administrasi publik. Padahal, itu ilmunya sama tapi operator itu beda. Jadi, validasinya tidak bisa cepat. Harus ada validasi khusus,” paparnya.

Meskipun hal ini mungkin tidak berdampak banyak bagi tahapan selanjutnya, Yogi meminta agar pemerintah memperhatikan keterlambatan ini. Menurutnya, hal tersebut harus dijadikan bahan evaluasi dalam rekrutmen selanjutnya. “Jangan sampai terulang dan harus diperbaiki. Seharusnya tinggal klik klik saja selesai,” ungkapnya.

Baca Juga: Peserta CPNS Akan Diarahkan ke Sekolah Terdekat untuk Tes Sistem CAT

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan menyebut sampai kemarin pukul 17.00 WIB belum semua instansi mengumumkan hasil seleksi administrasi. Jumlah instansi yang telah mengumumkan adalah 355.

“Sementara instansi belum mengumumkan 203,” katanya. Dia mengakui masih ada instansi yang belum menuntaskan verifikasi. Bahkan, jumlah yang belum diverifikasi mencapai ratusan ribu. “Data yang belum verifikasi 221.291. Sedang diverifikasi 175.323,” ujarnya.

Sampai sejauh ini, setidaknya terdapat 2.662.285 pelamar yang memenuhi syarat dan lolos ke tahap berikutnya. Adapun yang tidak memenuhi syarat sebanyak 569.429. (Dita Angga)

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini