nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Hanif Ungkap Tuntutan Pengusaha ke Pekerjanya

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 14:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 30 320 1970927 menteri-hanif-ungkap-tuntutan-pengusaha-ke-pekerjanya-7rS8nZqwtG.jpg Menaker Hanif Dhakiri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, tuntutan dunia kerja terhadap pekerjanya adalah mempunyai kriteria 5K.

Pertama Karakter, selalu meningkatkan Kompetensi baik soft skill maupun hard skill, selalu berKolaborasi, berKontribusi dalam produktifitas, dan mengembangkan Kreatifitas dan inovasi.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Bisa Kerja di Industri Perfilman

"Karakter tenaga kerja itu nantinya akan tanggap dan responsif terhadap perubahan dunia kerja. Ketika karakter pekerjaan berubah, maka tuntutan pun akan berubah. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mengantisipasi dengan menyiapkan kompetensi sesuai," kata Hanif di Kementerian Ketenegakerjaan, Selasa (30/10/2018).

Dia menjelaskan, bahwa pihaknya terus berupaya untuk hadir dan mendorong serta menyiapkan penyandang disabilitas ke dunia kerja. Seperti, penyelenggaran program pemberdayaan tenaga kerja disabilitas, pendidikan dan pelatihan keterampilan.

"Jadi, adanya Expo Tenaga Kerja Disabilitas Produktif itu, untuk memfasilitasi penempatan bagi Tenaga Kerja Disabilitas dan Penghargaan bagi perusahaan memperkejakan tenaga kerja disabilitas," jelasnya.

Baca Juga: Menaker Klaim Pasar Tenaga Kerja RI Berkembang Positif

Sementara itu, untuk situasi pasar tenaga kerja Indonesia kini berkembang secara positif sebagai akibat dari pembangunan ekonomi yang dilakukan secara terencana.

"Beberapa fakta positif tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan ekonomi meningkat yang dari 4,88% di tahun 2015 menjadi 5,02%, di tahun 2016 dan tahun 2017 meningkat pada 5,09 %," kata Hanif.

 (Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini