nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyandang Disabilitas Bisa Kerja di Industri Perfilman

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 13:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 30 320 1970915 penyandang-disabilitas-bisa-kerja-di-industri-perfilman-ohifHwSS26.jpg Menaker Hanif Dhakiri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Film Indonesia (KCFI) untuk membuka peluang kerja di industri perfilman kepada penyandang disabilitas.

"Jadi, penyandang disabilitas ini, bukan hanya menjadi pekerja film saja. Tapi juga mempunyai peran dalam proses produksi film itu sendiri, mulai dari penulis naskah, sutradara, aktor atau aktris, penata gerak, penata rias, kameramen, penata cahaya, penata suara, editor dan lain sebagainya yang semuanya dilakukan oleh penyandang disabilitas," kata Hanif di Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Baca Juga: Menaker Klaim Pasar Tenaga Kerja RI Berkembang Positif

Dia menjelaskan, penyandang disabilitas dan masyarakat marjinal juga mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan di bidang film dan mengembangkan kreativitas mereka serta menumbuhkan kepercayaan dan kemandirian untuk bekerja di bidang perfilman.

"Ataupun menciptakan lapangan pekerjaan sendiri di bidang industri kreatif khususnya industri film," tuturnya.

Baca Juga: Menaker Minta Setiap Perusahaan Wajib Pekerjakan 1% Penyandang Disabilitas

Dia menambahkan, pihaknya mengajak serta mendorong seluruh masyarakat, khususnya penyandang disabilitas untuk membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan, melalui pendidikan dan pelatihan, agar senantiasa siap menerjunkan diri ke pasar kerja atau membuka lapangan kerja baru salah satunya di industri kreatif/industri perfilman.

"Kembangkan diri dengan berinovasi seluas-luasnya dalam mengekspresikan diri, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini. Industri 4.0 atau digitalisasi , nyatanya telah banyak berpengaruh terhadap dunia kerja,” ujarnya.

 (Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini