nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IPO, Saham Dewata Freightinternation Melesat 69%

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 10:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 09 278 1975394 ipo-saham-dewata-freightinternation-melesat-69-7ok8bL23AW.jpeg IPO Dewata Freightinternation (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - PT Dewata Freightinternation Tbk resmi mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Emiten dengan kode saham DEAL tersebut jadi perusahaan ke-50 yang melantai pada tahun ini.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengurusan transportasi (freight forwarding) ini, melepas 300 juta lembar saham atau 26,79% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. Adapun saham dijual dengan harga Rp150 per lembar, maka perseroan akan mengantongi dana segar sekitar Rp45 miliar.

Baca Juga: IPO, Distribusi Voucher Nusantara Bidik Rp800 Miliar

Pada pembukaan perdagangan, saham DEAL melonjak naik 104 poin atau 69,3% ke level Rp254 per lembar saham dari harga pembukaan Rp150. Saham DEAL ditransaksikan sebanyak 1 kali dengan volume sebanyak 10 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp254.000.

"Dengan hadirnya DEAL menjadi public listed company menjadi tambahan pilihan investasi bagi investor di pasar modal. Perusahaan ke depannya diharapkan meningkatkan good coorporate governance (GCG)," tutur Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna saat pembukaan perdagangan di Gedung BEI, Jumat (9/11/2018).

ihsg

Sementara itu, Direktur Utama Dewata Freightinternation Bimada menyatakan, menjadi perusahaan publik untuk pengembangan bisnis perseroan agar lebih tumbuh dan berkesinambungan dengan mengikuti ketentuan GCG.

"Tujuannya selain terbukanya akses permodalan juga memperkuat image perusahaan dan dapat meningkatkan eksposur kepada investor asing sehingga dapat meningkatkan bisnis perseroan," jelas dia.

Baca Juga: IPO, Kota Satu Properti Patok Harga Rp117/Saham

Dari dana IPO sebesar Rp16 miliar akan digunakan untuk penyertaan ke anak usaha, PT Dewata Makmur Bersama dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja perusahaan, mengembangkan Independent Power Producer (IPP) berbasis gas di luar Jawa. Adapun perusahaan menunjuk Erdhika Elit Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Untuk diketahui, bisnis Dewata Freightinternation yakni mengurus semua kegiatan yang diperlukan untuk terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang melalui angkutan darat, kereta api, laut atau udara. Selain itu jasa pengangkutan (trucking), jasa impor atau ekspor dan domestic forwarding, pergudangan, custom clearence, di mana sebagian besar pelanggannya ada perusahaan BUMN.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini