nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merpati Akan Terbang Lagi, Kemenkeu: Harus Bayar Utang Dulu

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 19:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 320 1978438 merpati-akan-terbang-lagi-kemenkeu-harus-bayar-utang-dulu-HlyiOhFLhY.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya telah mengabulkan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) PT Merpati Nusantara Airlines (Persero). Maka Merpati dinyatakan batal pailit atau artinya Merpati berpeluang kembali beroperasi.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta kepada Intra Asia Corpora yang merupakan bakal menjadi Investor PT Merpati Nusantara Airlines (MNA), tersebut untuk bisa berkomitmen melunasi seluruh utang kepada para kreditur.

Baca Juga: Kemenkeu Tunggu Proposal Bisnis Merpati Airlines

"Intinya kami, ingin Merpati melakukan pelunasan utang kepada kreditur. Di mana hal tersebut merupakan salah satu penilaian terhadap komitmen investor kepada Merpati," ujar Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Dia menginginkan, bahwa investor yang akan membantu Merpati ini harus benar-benar kredibel dan tidak hanya komitmen di mulut saja.

merpati

"Apabila cara membayarnya dengan mendatangkan investor sehingga mereka (Merpati), berusaha lagi kita ingin yang datang kemudian rencana kerjanya executable dan riil," jelasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai kreditur terbesar dari utang yang dimiliki Merpati, tengah menunggu proposal bisnis yang baru dari PT Merpati Nusantara Airlines.

Baca Juga: Merpati Bisa Terbang Lagi, Ini Syarat dari Menhub

Sebelumnya, PT Nusantara Airlines (Persero) akhirnya mendapatkan investor yang berniat menghidupkannya kembali. Investor tersebut merupakan Intra Asia Corpora yang akan menyokong dana untuk maskapai pelat merah tersebut hingga Rp6,4 triliun.

Presiden Direktur Asep Ekanugraha, menyatakan dana tersebut bakal dimanfaatkan manajemen Merpati agar maskapai tersebut bisa terbang kembali.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini