nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uji Beban, Ini Penampakan 36 Truk Berjejer di Jembatan Kalikuto

Jamilah, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 08:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 19 320 1980031 uji-beban-ini-penampakan-36-truk-berjejer-di-jembatan-kalikuto-YZ4XrOpnDP.png Uji Beban Jembatan Kalikuto (Instagram Bina Marga)

JAKARTA - Pemerintah melalui Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan proses uji beban (loading test) Jembatan Kalikuto pada Kamis dan Jumat 8-9 November 2018.

Sebelum jembatan beroperasi, perlu dilakukan pengujian terlebih dahulu,yakni uji beban statis dan uji beban dinamis. Uji beban yang dilakukan adalah dengan menjejerkan 36 truk di Jembatan Kalikuto. Uji beban dilakukan untuk mendapat sertifikasi laik fungsi.

 

Seperti yang dilansir dari instagram info_binamarga yang dikutip Okezone, Jakarta, Selasa (20/11/2018), truk yang dijejerkan di Jembatan Kalikuto ini merupakan uji beban statis yang dilakukan untuk mengetahui deformasi jembatan terhadap beban yang direncanakan.

 Baca Juga: Jembatan Kali Kuto Jadi Kebanggaan Indonesia di Kancah Dunia, Ini Alasannya

Sementara itu, untuk uji beban dinamis dilakukan dengan menjumping-kan truk dengan membuat jembatan bergoyang sehingga diketahui frekuensinya yang tergantung pada tingkat kekakuan jembatan.

 

Loading test tidak hanya dilakukan saat konstruksi jembatan rampung, namun perlu dilakukan secara teratur dalam periode lima tahun sekali.

 Baca Juga: Runtuh, Proyek Jembatan Kali Kuto Dievaluasi

Hal tersebut guna mengetahui keadaan jembatan setelah digunakan, dan untuk menentukan perlu tidaknya dilakukan rehabilitasi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini