nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Generasi Milenial Tertarik dengan Asuransi?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 04:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 19 320 1980046 generasi-milenial-tertarik-dengan-asuransi-3vODGrscBV.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 2017, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76%.

Angka ini turun dari survei tahun 2013 lalu di angka 17,84%. Sementara tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%.

Penetrasi asuransi di Indonesia saat ini baru mencapai sekitar 6% hingga 7%, jumlah ini terbilang masih sangat kecil dibandingkan populasi Indonesia yang mencapai lebih dari 265 juta jiwa.

 Baca Juga: Kini Ada Asuransi Perikanan bagi Pembudidaya Ikan Kecil

Dengan jumlah penduduk tersebut, baru 1,7% penduduk Indonesia yang memiliki asuransi. Namun, kini berbagai perusahaan asurani mengincar generasi milenial sebagai targetnya. Apakah generasi milenial tertarik dengan asuransi?

Saat ini dan ke depannya, Allianz Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan kualitas literasi dan penetrasi mengenai asuransi terutama pada generasi milenial Indonesia melalui beragam program edukasi.

“Allianz percaya bahwa generasi milenial sebagai masa depan bangsa perlu memiliki kesadaran mengenai perencanaan keuangan dan proteksi sejak dini," kata Chief of Goverment Relations, Corporate Events, CSR, and Corporate Communications Officer Allianz Indonesia Kiswati Soeryoko dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (20/11/2018).

 Baca Juga: Tips Beli Asuransi agar Tak Tertipu Agen

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk yang tergolong generasi milenial (usia 17 sampai dengan 35 tahun) mencapai angka 30,1%, sehingga diharapkan milenial mampu mendorong kinerja industri asuransi di masa yang akan datang.

"Allianz senantiasa mendukung upaya peningkatan literasi asuransi kepada masyarakat, terutama generasi milenial," paparnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini