nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kini Ada Asuransi Perikanan bagi Pembudidaya Ikan Kecil

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 15:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 13 320 1977224 kini-ada-asuransi-perikanan-bagi-pembudidaya-ikan-kecil-6T1pE2ITdi.jpg Launcing Asuransi Perikanan bagi Pembudidaya Ikan Kecil (Foto: Taufik)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan launching Asuransi Perikanan bagi Pembudidaya Ikan Kecil (APPIK) tahun 2018.

Deputi Komisioner OJK bidang Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Muhamad Ichsanuddin mengatakan, program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan risiko akibat kematian bibit atau kerugian usaha lebih dari 50%.

"Adapun enam komoditas yang nantinya mendapatkan premi asuransi antara lain ikan patin, ikan nila payu, ikan nila tawar, ikan bandeng, udang dan polikultur. Di mana enam jenis komoditas tersebut terbagi masing-masing premi asuransi per tahunnya," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Baca Juga: Tips Beli Asuransi agar Tak Tertipu Agen

Dia menjelaskan, asuransi perikanan bagi pembudidaya ikan kecil resiko yang dijamin, seperti penyakit yang mengakibatkan matinya komoditas ikan, (udang, bandeng, nila dan patin) yang diasuransikan.

"Bisa juga kegagalan usaha yang disebabkan oleh bencana alam sehingga menyebabkan kerusakan sarana pembudidaya mencapai 50%," tuturnya.

Intip Aktivitas Petambak Udang Paname di Mamuju Utara

Sementara itu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto menyatakan, terkait asuransi baru satu komoditas yaitu udang pada tahun ini dan itu akan menambah lagi, karena banyaknya saran dan permintaan dari masyarakat.

"Insya Allah nanti akan mengarah ke semua komoditas. Di mana ada 12 komoditas ikan penting yang merupakan satu kegiatan utama mereka untuk ketahanan pangan dan ekspor," jelasnya.

Baca Juga: Masih Minim, Penetrasi Asuransi di Indonesia Baru 7%

Dia berharap pihaknya bisa bersinergi dengan beberapa pihak, untuk budidaya kecil ini di level yang sudah besar.

"Dukungan dari OJK dan asosiasi ini yang terus memberikan dukungan kepada kami sehingga asuransi nii pembudidaya ikan in semakin terasa di masyarakat," pungkasnya.

Tampil Sederhana, Bupati Mamuju Utara Kenakan Sandal Jepit saat Tinjau Tambak Udang Paname

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini