nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Beli Asuransi agar Tak Tertipu Agen

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2018 15:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 27 320 1969740 tips-beli-asuransi-agar-tak-tertipu-agen-RBvoHIVaAL.png Ilustrasi: Foto Setkab

BANDUNG - Kasus penundaan pembayaran klaim asuransi membuat sebagian masyarakat berpikir dua kali ketika ditawari produk. Hal ini disayangkan mengingat penetrasi industri asuransi masih minim.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada 2017 indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76%. Angka ini turun dari survei tahun 2013 lalu di angka 17,84%.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II M Ichsanuddin mengatakan, sebenarnya masyarakat tidak perlu takut saat membeli polis asuransi. Asalkan, kata dia, masyarakat jeli dan teliti saat memilih produk asuransi.

Baca Juga: Masih Minim, Penetrasi Asuransi di Indonesia Baru 7%

Dia memberikan beberapa tips agar masyarakat saat membeli polis asuransi. Pertama, tanya secara detail kepada agen yang menawarkan asuransi.

"Harus tanya detail, kadang ada yang berasuransi karena marketingnya saudara atau teman dekat jadi tidak dijelaskan secara detail," kata dia di Bandung, Sabtu (27/10/2018).

Terlebih, lanjut Ichsan, jika yang dibeli adalah produk unit link atau saving plan, pemegang polis harus meminta penjelasan secara rinci kepada agen. Jangan sampai pemegang polis tidak mengetahui risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

"Kalau unit link itu tingkat risikonya harus diketahui sedemikian rupa kalau yang namanya asuransi jiwa dan lain-lain itu kan udah ada tabel," imbuhnya.

 Baca Juga: Imbas Musim Mudik, Asuransi Kecelakaan Tumbuh 20,2%

Guna menambah pengetahuan masyarakat mengenai asuransi, OJK melakukan program edukasi IKNB. Tak hanya orang dewasa, siswa pun dilibatkan dalam program edukasi tersebut.

"Kita kan juga melakukan program edukasi berbagai macam sampai ke sekolah dengan program itu," tukasnya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini