nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Huntara Bisa Dihuni pada Desember, Intip Fasilitas Kerennya

Mulyani, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 09:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 19 470 1980041 huntara-bisa-dihuni-pada-desember-intip-fasilitas-kerennya-JH7Z7FLeeK.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah membangun beberapa infrastruktur dalam rangka pemulihan kerusakan pascabencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah.

Salah satunya Hunian Sementara (Huntara), yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga: Korban Gempa Sulteng Bisa Huni 1.200 Huntara Mulai Desember

Gempa yang disusul tsunami di Palu dan Donggala pada 28 September 2018 lalu telah memakan korban kurang lebih 2.000 jiwa, dan ratusan lainnya terluka.

Hal ini menyebabkan warga-warga kehilangan tempat tinggal dan harta berharganya.

Dalam upaya pemulihan kerusakan pascabencana, Kementrian PUPR membangun Huntara yang dibuat dengan bahan-bahan yang tahan terhadap gempa. Huntara dibangun secara bertahap sebanyak 1.200 unit.

 

“Huntara dibangun dengan model knockdown berukuran 12 x 26,4 meter persegi dan dibagi menjadi 12 bilik. Setiap biliknya akan dihuni oleh satu keluarga rencananya Desember sudah dapat dihuni,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip Okezone dalam instagram balitbangpu, Jakarta, Selasa (20/11/2018).

  Baca Juga: Bangun Rumah Tahan Gempa, Menteri Basuki: 400 Insinyur Masih Kurang

Setiap Huntara dibangun secara cluster dan dilengkapi dengan 4 toilet, 4 kamar mandi, septic tank, tempat mencuci dan dapur. Setiap cluster terdiri atas 10 unit Huntara dimana tiap Huntara terdiri dari 12 bilik, yang perbiliknya dihuni oleh satu keluarga.

Tidak hanya itu, setiap cluster pun dilengkapi dengan tempat sampah, ruang terbuka untuk kegiatan warga, serta tempat parkir sepeda motor.

 Baca Juga: Pasca-Gempa & Tsunami, 8.000 Hunian Sementara Segera Dibangun di Palu

Dan yang paling penting, di setiap cluster pun terdapat sekolah PAUD dan SD untuk anak-anak agar bisa kembali sekolah seperti biasa.

Dibangunnya Huntara ini diharapkan agar masyarakat tetap nyaman dan bisa kembali beraktifitas seperti semula.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini