nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Negara Dapat Bonus Tanda Tangan USD14,4 Juta dari Empat Blok Migas

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 20:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 29 320 1984748 negara-dapat-bonus-tanda-tangan-usd14-4-juta-dari-empat-blok-migas-oHajx1YmnL.jpeg Penandatanganan 4 WK Migas (Foto: Giri)

JAKARTA - Kontrak empat Wilayah Kerja (WK) dengan skema bagi hasil alias grossplit ditandatangani pada malam di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Total nilai investasi dari pelaksanaan Komitmen Kerja Pasti dan Komitmen Pasti adalah sebesar USD183,152.000, sedangkan total Bonus Tanda Tangan (signature bonus) dari 4 (empat) Kontrak Bagi Hasil tersebut adalah sebesar USD14.450.000.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, keempat kontrak WK yang ditandatangani adalah 3 WK perpanjangan. Sedangkan sisa satunya merupakan WK Eksplorasi.

"Alhamdulillah hari ini kita diberikan kesempatan untuk menyaksikan penandatanganan Tiga WK Terminasi ditambah satu WK Eksplorasi," ujarnya dalam acara penandatanganan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Baca Juga: Produksi Minyak Lapangan Sukowati Tembus 10.010 Barel/Hari

Arcandra berharap dengan penandatanganan 4 kontrak tersebut, kontraktor diharapkan dapat terus memenuhi komitmennya untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi dan produksi di Wilayah Kerjanya. Menurutnya, jikalau para kontraktor memenuhi janjinya, maka pemerintah pun akan menepati janji yang ada di dalam kontrak.

"Kita tidak ada excuse untuk tidak melaksanakannya. Insya Allah kita menepati janji kita saya harap kontraktor juga kalo tidak ada konsekuensinya. Itu harapan kami dari Kementerian semoga niat baik kita bisa dimulai secepatnya dan kita realisasikan sesuai dengan rencana bapak bapak ibu yang sudah disampaikan,"jelasnya. 

Baca Juga: Kementerian ESDM Perpanjang Kontrak PHE di Blok NSO hingga 2038

Sebaliknya, jikalau ada dari kontraktor yang melanggar komitmen maka pemerintah tidak akan diam. Karena sebelum ditandatangani pun kontraktor sudah diberitahu mengenai resiko jikalau ada yang melanggar komitmen.

"Dari tim bapak bapak juga yang bekerjasama dengan kita tolong apa yang dijanjikan dilaksanakan , kalau tidak dilaksanakan bapak bapak tahu sendiri," kata Arcandra.

Sebagai informasi, berikutnya keempat WK yang ditandatangani dengan skema grossplit pada malam hari ini. Pertama adalah Kontrak Bagi Hasil WK Tarakan dengan Kontraktor PT Medco E&P Tarakan

Kontrak yang masuk dalam WK Perpanjangan ini akan berlaku efektif pada tanggal 14 Januari 2022. Adapun perkiraan nilai investasi dari pelaksanaan Komitmen Kerja Pasti (KKP) 5 (lima) tahun pertama sebesar USD35.500.000 dan Bonus Tanda Tangan sebesar USD1.500.000.

Selanjutnya yang kedua ada Kontrak Bagi Hasil WK Coastal Plains and Pekanbaru (CPP) dengan Kontraktor PT Bumi Siak Pusako yang akan berlaku efektif pada tanggal 9 Agustus 2022. WK yang masuk dalam kategori perpanjangan ini memiliki perkiraa nilai investasi dari pelaksanaan KKP 5 (lima) tahun pertama sebesar USD130.415.000 dan Bonus Tanda Tangan sebesar USD10.000.000.

Lalu yang ketiga adalah Kontrak Bagi Hasil WK Tungkal dengan Kontraktor Montd'or Oil Tungkal, Ltd. dan Fuel-X Tungkal Ltd. Adapun yang akan menjadi operator nantinya adalah Montd'or Oil Tungkal, Ltd.

Baca Juga: Selesai dari Vico, WK Sanga-Sanga Dikelola Pertamina Hulu

Kontrak WK yang masuk kategori perpanjangan ini akan berlaku efektif pada tanggal 26 Agustus 2022. Adapun nilai investasi dari pelaksanaan KKP 5 (lima) tahun pertama sebesar USD13.237.000 dan Bonus Tanda Tangan sebesar USD2.450.000.

Dan yang terakhir yang masuk dalam kategori WK Eksplorasi adalah Kontrak Bagi Hasil WK Banyumas dengan Kontraktor PT Minarak Banyumas Gas. Komitmen Pasti 3 (tiga) tahun pertama sebesar USD4.000.000 dan Bonus Tanda Tangan sebesar USD500.000.

Partisipasi Interes yang dimiliki oleh para Kontraktor tersebut termasuk Partisipasi Interes 10% yang akan ditawarkan kepada BUMD kecuali untuk WK Coastal Plains and Pekanbaru.

Nantinya untuk kontrak WK Perpanjangan dengan jangka waktu selama 20 (dua puluh) tahun. Sedangkan WK Eksplorasi dengan jangka waktu selama 30 (tiga puluh) tahun.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini