nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar 10 Perusahaan Paling Fokus Jadikan Pelanggan "Raja"

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 15:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 30 320 1985048 daftar-10-perusahaan-paling-fokus-jadikan-pelanggan-raja-Enz1Qv1RvQ.jpg Foto: Koran Sindo

JAKARTA - Pelanggan adalah raja, kalimat tersebut sangat populer di dunia bisnis. Banyak perusahaan menjadi sukses karena mereka melayani pelanggannya dengan baik.

Berikut 10 perusahaan yang paling fokus pada pelanggannya di Asia yang sudah dilansir dari Forbes, Jumat (30/11/2018) :

1. DBS Bank

Bagi DBS Bank Singapura, pelanggan selalu di depan dan menjadi titik perhatian. Perusahaan ini bahkan mempunyai Dewan Pengalaman Pelanggan (Customer Experience Council) yang diketuai oleh CEO. Dewan tersebut secara proaktif mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan seperti mendengarkan masalah secara langsung atau via telepon dan memberikan aplikasi perbankan yang unggul. Berkat hal ini, DBS diberi peringkat sebagai bank teratas untuk kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Ternyata Ini Rahasia Sukses Bisnis Warung Tenda

2. Celcom Axiata Berhad

Sebagai perusahaan nirkabel tertua di Malaysia, Celcom mengetahui nilai paling berharga adalah selalu berhubungan dengan pelanggan. Ketika perusahaan lain fokus untuk menciptakan inovasi digital, Celcom menyadari pelanggannya lebih suka membeli langsung di toko.

3. Maybank

Untuk mendapatkan ide terbaik dan paling inovatif, Maybank Malaysia beralih ke pelanggan dan startup. Bank besar secara teratur bermitra dengan perusahaan fintech yang lebih kecil untuk mendapatkan akses ke teknologi terbaru dan paling mutakhir. Sikap inovasi dan terbuka ini membantu bank terus berevolusi memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan banyak penghargaan.

Baca Juga: Kisah Sukses Brodo Jadi UMKM Go Digital

4. Coca-Cola Japan

Coca-cola mungkin menjadi minuman teratas di seluruh dunia, tetapi cabang di Jepang terkenal karena penggunaan media digital dan sosialnya yang inovatif untuk terhubung dengan pelanggan. Aplikasi seluler ‘Coke On’ memiliki lebih dari lima juta unduhan dan membantu pelanggan menemukan mesin penjual otomatis, mencoba cita rasa baru dan berkesempatan mendapatkan diskon bahkan coca-cola gratis. Ini merupakan caranya untuk membuat pelanggan senang dan setia dengan coca-cola.

5. Mobitel

Perusahaan nirkabel berbasis Sri Lanka ini menyediakan berbagai layanan dengan beberapa bahasa dan dialek yang berbeda. Perusahaan mendesentralisasikan pusat kontaknya untuk membuat pusat-pusat kecil yang berfokus pada wilayah dan bahasa tertentu untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Mobitel juga menjalankan Customer Experience Center yang mana pelanggan dapat mencoba produk baru dan bertanya-tanya secara langsung sebelum melakukan pembelian.

6. Kementerian Tenaga Kerja Singapura

Mungkin terlihat aneh karena lembaga pemerintah masuk ke dalam daftar, tetapi Kementerian Tenaga Kerja Singapura mengambil fokus pelanggan ke tingkat lain. Organisasi ini memiliki Departemen Ketanggapan Pelanggan yang didedikasikan untuk memahami pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Pendekatan proaktif dan terhubung mengubah pelanggan menjadi mitra dan membantu menciptakan layanan yang lebih efektif dan mudah diakses.

7. Titan

Pengecer perhiasan dan jam tangan terbesar di India ini bertujuan untuk membuat pelanggan tersenyum ketika keluar dari toko. Di lebih dari 1.400 tokonya, karyawan fokus menembukan momen untuk menyenangkan pelanggan dengan memberikan rekomendasi dan layanan terbaik. Perusahaan juga mendesain toko dan memberikan produk yang terbaik.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha yang Tak Pernah Sepi Pelanggan, Coba Yuk!

8. Anz Taiwan

ANZ Taiwan memahami pelanggannya cenderung berurusan dengan transaksi dalam berbagai bentuk di berbagai negara dan menciptakan omnichannel yang kuat. ANZ sangat konsisten dan mempunyai proses tanpa gesekan (frictionless processes), tidak peduli pelanggan melakukan transaksi secara langsung, di telepon, atau online. Cara ini secara proaktif merekomendasikan produk terkait untuk membantu pelanggan lebih meningkatkan perbankan mereka.

9. Ocean Network Express (ONE)

ONE fokus untuk mengutamakan pelanggan. Perusahaan ini bertujuan untuk menjadi cukup besar dan bertahan hidup di pasar yang penuh gejolak. Seluruh karyawan ONE dilatih dan diberdayakan untuk memecahkan masalah apapun dan menyediakan layanan yang dapat diandalkan.

Baca Juga: Ingin Coba Usaha Barbershop? Pelajari 5 Tips Ini

10. Intuit Singapura

Perusahaan perangkat lunak keuangan ini berpegang teguh pada prinsipnya; peduli. Intuit singapura berfokus pada kebutuhan setiap individu dan menjadikan pelanggan sebagai pusat dari semua hal yang dilakukannya. Perusahaan ini menyadari bahwa kepeduliannya menjadikannya berbeda dengan yang lain.

Sepuluh perusahaan di atas menunjukkan bahwa pelanggan harus menjadi pusat, tidak peduli besar atau kecilnya perusahaan tersebut. Ketika mereka berinovasi dan terus mendengarkan pelanggan, perusahaan-perusahaan ini akan membuka jalan untuk pengalaman pelanggan di Asia.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini