nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cadangan Devisa Meningkat, Sri Mulyani Terus Antisipasi Dinamika Global

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 20:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 07 20 1988344 cadangan-devisa-meningkat-sri-mulyani-terus-antisipasi-dinamika-global-lhgA0Lqfda.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa (cadangan devisa) Indonesia pada akhir November 2018 sebesar USD117,2 miliar. Meningkat USD2 miliar dibandingkan dengan akhir Oktober 2018 mencapai USD115,2 miliar.

Baca Juga: Cadangan Devisa Indonesia Naik USD2 Miliar Jadi USD117,2 Miliar

Menanggapi kondisi cadangan devisa yang mengalami perbaikan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah akan terus mengantisipasi dinamika perekonomian global yang dapat berdampak pada ekonomi domestik.

sri mulyani

"Pada akhir tahun ini kan sebetulnya banyak dinamika global, banyak sekali keputusan-keputusan akan dibuat pada tingkat korporasi maupun kebijakan (suatu negara). Jadi kita mengantisipasi pada seluruh itu," kata dia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Baca Juga: BI: Cadangan Devisa Naik Jadi USD115,2 Miliar

Dia memastikan, pemerintah akan mengantisipasi dinamika global dengan prinsip kebijakan yang penuh kehati-hatian. "Kita akan tetap memperhatikan dan terus bereaksi secara berhati-hati terhadap perubahan yang ada," imbuh dia.

Soal potensi kenaikan kembali cadangan devisa pada akhir tahun, Sri Mulyani menyatakan enggan mengira-ngira. "Saya enggak mau berspekulasi, kita lihat saja. Faktor fundamentalnya yang terpenting kita perkuat," pungkas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini