Akuisisi Pengembang di Yogyakarta, PP Properti Incar Pembangunan Hunian Mahasiswa

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 11 470 1989632 akuisisi-pengembang-di-yogyakarta-pp-properti-incar-pembangunan-hunian-mahasiswa-nkFbk2lg8n.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

YOGYAKARTA PT PP Properti Tbk (PPRO) melakukan ekspansi di Yogyakarta setelah mengakuisisi pengembang properti swasta di Kota Gudeg itu. Kota Yogyakarta dipilih PPRO melihat potensinya yang besar terutama karena jumlah mahasiswa baru meningkat setiap tahunnya.

Keberadaan kampus-kampus perguruan tinggi negeri maupun swasta di Yogyakarta semakin memperkuat citra sebagai kota pelajar. Selain itu, menjadi stimulus tersendiri terhadap perkembangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Akuisisi Grahaprima Realtindo, PP Properti Kuras Rp40,83 Miliar

Direktur Realti PT PP Properti (PPRO) Tbk Galih Sak sono mengatakan, saat ini jumlah mahasiswa di Yogyakarta sekitar 350.000 yang merupakan gabungan antara perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan tinggi negeri (PTN). Kondisi ini seolah menjadi tambang emas bagi developer properti untuk membangun apartemen yang di lengkapi berbagai fasilitas pendukung mahasiswa generasi milenial.

“Sebenarnya PPRO sudah lama ingin masuk ke Yogyakarta. Hanya saja, kami sangat menghargai moratorium yang ada di sini,” kata Galih dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, PPRO punya konsep apartemen dengan diferensiasi tinggi yang di kembangkan di beberapa kota di Indonesia. PPRO, katanya, berkomitmen mengembangkan hunian untuk mahasiswa di Yogyakarta dengan konsep apartemen bebas penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga: Naik 15%, PP Properti Raup Laba Rp188 Miliar di Semester I-2018

Sebelumnya, PPRO mengembangkan apartemen pertama di Indonesia yang bebas antinarkoba, yakni Evenciio di kawasan Depok, Jawa Barat. Kemudian Apartemen The Alton (Semarang), Apartemen Begawan (Malang), Louvin (Jatinangor, Bandung), dan Apartemen Mazhoji (Depok). Sebagai bentuk upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), kata Galih, PPRO merancang program untuk membantu Badan Narkotika Nasional (BNN) mencegah dan memberantas narkoba di lingkungan apartemen, terutama produk-produk apartemen PPRO yang membidik segmen mahasiswa.

Upaya ini pun diapresiasi dalam bentuk penghargaan dari BNN pada puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 di Sukabumi, Juli 2018 lalu. “Apartemen yang berlokasi di kawasan Babarsari bernama Apartemen Tana Babarsari merupakan apartemen pertama di Yogyakarta yang berkonsep anti penyalahgunaan narkoba,” kata Galih. Secara korporasi pihaknya tahun lalu telah melakukan kerja sama dengan BNN. “Pengembangan Apartemen Tana Babarsari di kota wisata ini merupakan strategi perusahaan dalam memenuhi peningkatan kebutuhan hunian dengan nilai investasi sebesar Rp150 miliar,” kata Galih.

Langkah ini merupakan inovasi strategis yang diambil perseroan untuk tetap unggul dalam kompetisi bisnis properti, khususnya di Yogyakarta. Sementara itu, Project Director Apartemen Tana Babarsari PPRO Rudi Wahyu PW mengatakan, lokasi Tana Babarsari sangat dekat dengan Bandar Udara Adisucipto dan beberapa universitas ternama, seperti UGM, UPN, Uni ver sitas Atmajaya, STT Nasional, STIE YKPN, pusat perbelanjaan, hotel, dan rumah sakit ada lah fasilitas-fasilitas penunjang yang melingkari Apartemen Tana Babarsari.

Mengusung tagline “Beyond Space”, PPRO tidak sekadar menciptakan konseparsitektur dan desain ruang bagi sebuah hunian mahasiswa. Dia menambahkan, Apartemen Tana Babarsari sepenuhnya memberikan dukungan terhadap upaya bisnis startup yang dilakukan mahasiswa. Dengan begitu, apartemen menyediakan co working space bagi mahasiswa yang hobi berbisnis terutama digital. “Mahasiswa yang akan berbisnis sudah punya kantor dan fasilitas lengkap,” ujarnya.

Rudi juga optimistis pelaksanaan groundbreaking apar temen tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Dari tiga tower yang dibangun di area ini, PPRO akan mengembangkan sekitar 700 unit apartemen, yakni tipe 1 bedroom dengan luas 21 m² dan 2 bedroom dengan luas 44,75 m².

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini