Gandeng Xiaomi, Pegatron si Perakit iPhone Bakal Investasi di Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 12 320 1990376 gandeng-xiaomi-pegatron-si-perakit-iphone-bakal-investasi-di-indonesia-eOFdqu3CAN.jpg Foto: Reuters

JAKARTA – Pegatron Corporation dikabarkan akan melakukan investasi di Indonesia. Pegatron sebagai perusahaan perakit iPhone akan melakukan kerja sama dengan PT Sat Nusapersada (PTSN) dalam memproduksi smartphone unggulan Apple tersebut.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Pegatron sebagai perusahaan outsourcing di iPhone dapat bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada yang saat ini berperan dalam memproduksi Xiaomi.

“Selain Pegatron kan ada yang lain juga. Itu kan bagian dari kerja sama Satnusa. Satnusa ini udah lama di Batam, dengan kerja sama dengan Pegatron. Pegatron ini salah satu outsourcing dari iPhone, jadi kalau sekarang Satnusa memproduksi Xiaomi, nantinya dengan kerja sama bisa produksi iPhone,” jelasnya di Istana, Rabu (12/12/2018).

 Baca Juga: Perusahaan Pabrikan iPhone Masuk ke Indonesia, Menko Luhut Jamin Soal Perizinan

Investasi direncanakan berjalan secara bertahap di mana Indonesia menjadi potensi pertumbuhan industri, tak hanya smartphone, tapi juga industri sepatu dan tekstil. Nantinya, Pegatron akan mendapatkan fasilitas libur bayar pajak atau tax holiday.

“Bisa bertahap. Kan kalau di Batam, chip sudah ada di Infineon, dan ada komponen di sana. Dengan trade war China dan AS, potensi order pertumbuhan industri smartphone, mereka menghendaki ada negara tiga yang suplai, salah satunya adalah indonesia. Ini bukan hanya untuk smartphone, tapi juga industri sepatu dan tekstil. Mereka sudah memberikan hint, pertumbuhan empat hingga lima tahun ke depan dialihkan ke negara lain, salah satunya di Indonesia,” pungkasnya.

Seperti yang diberitakan Okezone, Perusahaan perakit ponsel pintar (smartphone) iPhone, Pegatron akan mendiversifikasi pabriknya ke Indonesia. Investasi Pegatron di Tanah Air ini masih mempertimbangkan soal perizinan.

 Baca Juga: Amazon, Apple dan Microsoft Bertarung Perebutkan Label Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan menyatakan, pemerintah siap membantu pengurusan izin pabrikan elektronik yang berbasis di Taiwan itu.

"Dia mau investasi tapi ragu-ragu karena takut sulit masalah perizinan. Terus saya jawab 'semua izin kita urusin, pokok ya kamu investasi di sini'," katanya ditemui di kantornya.

Dia menyatakan, sepanjang Pegatron mengikuti semua peraturan investasi di Indonesia maka pemerintah siap mendampingi soal perizininan.

"Karena supaya jangan ada persulit dengan sogok menyogok," kata dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini