nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Presiden Jokowi Bikin UMKM Melek Teknologi

Rikhza Hasan, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 19:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 12 320 1990443 cara-presiden-jokowi-bikin-umkm-melek-teknologi-skw57lIJja.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo selama empat tahun ini telah berhasil membangun internet cepat di seluruh Indonesia guna mendukung UMKM. Hal ini untuk mendorong UMKM melek teknologi dalam mengembangkan produknya agar bisa go international.

Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, mengatakan, pembangunan internet cepat di seluruh Indonesia ini membuat e-commerce di Tanah Air semakin semarak dan makin dipercaya karena relatif aman dan nyaman sehingga jumlah transaksi yang dibukukan makin fantastis.

"Dan yang paling menggembirakan adalah bahwa marketplace kita berada di garda depan dalam pemberdayaan UMKM. Dengan kemudahan yang ditawarkan, sudah sekitar 6,5 juta UMKM hijrah ke online dalam dua tahun terakhir ini," kata Rudiantara seperti dikutip akun twitternya, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

 Baca Juga: Bikin Usaha Makin Besar, Pengusaha Muda Disarankan Maksimalkan Kredit UMKM

Pada Rabu ini, masyarakat menyambut hari Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dengan meriah, dengan ditandai dengan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai pelaku e-commerce di Indonesia seperti pelaku industri retail, telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media.

Rudiantara pun turut serta meramaikan media sosal dengan cuitannya di hari Harbolnas ini.

"UMKM juga makin mampu mengedepankan produk dan layanan kreasi mereka sendiri. Dalam hal ini kita juga harus bantu dengan memilih produk-produk lokal dalam #HarBolNas2018 ini. Selamat berbelanja, teman-tema," kata Rudiantara.

 Baca Juga: Menteri Puspayoga: UKM Bisa Go International

Pemerintahan Joko Widodo mendukung penuh kegiatan e-commerce yang banyak diminati oleh kaum muda dan UMKM, dengan dibangunnya konektivitas antar wilayah guna menyiapkan infrastruktur logistik.

Jalan tol darat, tol laut dan pelabuhan hingga tol udara akan menghubungkan semua pulau di Indonesia untuk memperlancar kegiatan logistik. Menurut Kominfo, saat ini sekitar 4,7 juta unit UMKM yang sudah go-online.

 Baca Juga: UMKM Go Digital, Banyak Kerumitan Bisa Dipangkas

Selain konektivitas fisik, peta Jalan e-commerce juga membangun tol informasi yang menghubungkan seluruh Indonesia dengan jaringan internet.

Menurut Rudiantara,di akhir 2018 tidak satupun daerah di Indonesia yang tidak terhubung dengan jaringan backbone internet cepat Palapa Ring.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini