Share

Restrukturisasi Express Trasindo Utama Disetujui Investor

Kamis 13 Desember 2018 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 13 278 1990785 restrukturisasi-express-trasindo-utama-disetujui-investor-hGffn51bG1.jpeg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Berdasarkan hasil rapat umum pemegang obligasi (RUPO) PT Express Trasindo Utama Tbk (TAXI), para pemegang obligasi akhirnya menyetujui paket restrukturisasi perseroan.”Kuorum telah tercapai dan hasilnya disetujui. Restrukturisasi akan terus berlanjut,”kata Direktur Utama TAXI Benny Setiawan dilansir Harian Neraca, Kamis (13/12/2018).

Disampaikannya, pemegang obligasi yang hadir setara dengan 84% dari total pemegang obligasi atau sekitar Rp840 miliar. Menurut dia, rencana dari restrukturisasi ini pun merupakan bagian dari usulan yang diajukan oleh para pemegang obligasi.

Baca Juga: Rugi Taksi Express Naik 155% Vs Pendapatan Blue Bird Turun 7,5%

Terkait porsi jaminan, menurut Benny sekitar 10% dalam bentuk tanah, sisanya sebesar 90% berbentuk kendaraan bermotor yang sudah sesuai dengan kesepakatan awal saat penerbitan obligasi. Pun, wali amanat akan terus mengawasi proses ini. “Terkait suspensi bursa, awalan suspensi adalah karena TAXI tidak dapat membayar bunga obligasi, maka dengan adanya restrukturisasi ini diharapkan dapat membuka suspensi. Semua keputusan ada di Bursa Efek Indonesia,” ujar Benny.

Baca Juga: Express Trasindo Tunda Bayar Bunga Obligasi

Lebih lanjut, penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang telah diajukan salah satu pemegang saham yakni Dana Pensiun (Dapen) Mitra Krakatau, pihak TAXI masih akan mengacu pada perjanjian wali amanat yang menyebutkan hasil RUPO akan mengikat setiap pemegang obligasi. Kendatipun pihaknya belum menerima pemberitahuan dalam bentuk apapun dari pengadilan.

Lebih lanjut, pihak TAXI juga tengah melakukan penyelesaian akan utang lain mereka berupa utang kepada Bank BCA senilai Rp444,5 miliar yang jatuh tempo pada akhir tahun ini. “Penjualan aset untuk utang ke Bank BCA masih berlanjut. Diharapkan akan selesai pada Maret 2019,”kata Benny.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini