nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

20 Desember Presiden Jokowi Bakal Cek Tol Jakarta-Surabaya

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 14:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 14 320 1991287 20-desember-presiden-jokowi-bakal-cek-tol-jakarta-surabaya-WseDPkoJeD.jpg Ilustrasi: Foto Setkab

KULONPROGO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pengecekan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Rencananya pengecekan akan dilakukan pada 20 Desember 2018.

“Saya mendengar pada 20 Desember nanti Presiden Jokowi akan melakukan pengecekan seluruh ruas tol dari Jakarta-Surabaya langsung,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada pengecekan progress pembangunan bandara baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (14/12/2018).

 Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Naik Mobil Coba Tol Jakarta-Surabaya

Menurutnya, jalur ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin berlibur Natal dan Tahun Baru. Sebab dari Jakarta sampai Surabaya hanya ditempuh sekitar 10 sampai 11 jam perjalanan.

Sedangkan untuk mengantisipasi kenaikan kendaraan, akan dikerjasamakan dengan pemkab. Khususnya meyangkut kendaran bus pariwisata bekerjasama dengan Dishub dan Polisi untuk mengawasi kendaran yang tidak layak jalan.

Menhub memastikan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang melintasi tol Trans Jawa. Karena itu pihaknya akan memberlakukan aturan pada hari-hari tertentu truk tidak boleh melintas guna menghindari kemacetan.

 Baca Juga: Tol Trans Jawa Tersambung, Jakarta-Surabaya Hanya 10 Jam

Kemenhub juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah seperti Pekalongan, Brebes maupun yang lainnya untuk tetap mempromosikan tempat wisata lebih gencar agar menyedot wisatawan yang melintas.

Terkait dengan faktor keamanan, Menhub mengimbau kepada operator maupun penumpang terutama saat menggunakan bus pariwisata agar memastikan kendaraan laik jalan. Sebab bus pariwisata pada hari biasa jarang dipergunakan.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Ingin Tol Trans Jawa Terintegrasi Kawasan Industri

Jika nanti di tengah jalan, ditemukan bus pariwisata yang tidak memiliki stiker laik jalan seperti kondisi ban dan kepakeman rem, maka bersama dengan Kepolisian akan menghentikan operasi bus pariwisata dan diminta balik kandang.

“Penumpang untuk mengecek armada bus wisata, jangan sampai dihentikan karena tidak layak,” jelasnya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini