nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo : Business Model Harus Disesuaikan dengan Perkembangan Zaman Now

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 08:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 15 320 1991617 chairman-mnc-group-hary-tanoesoedibjo-business-model-harus-disesuaikan-dengan-perkembangan-zaman-now-JBGGqyVJDw.jpg Foto: Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo Hadiri Raker MNC Kapital

JAKARTA - Membangun bisnis harus disesuaikan dengan perkembangan zaman agar cepat berkembang.

Hal tersebut disampaikan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat memberikan arahan di rapat kerja MNC Financial Services Planning Cycle 2019 di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

“Ke depan, bisnis harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman now. Banyak perubahan dengan digital, globalisasi. Review business model sesuaikan dengan keadaan. Jangan status quo,” ungkapnya.

Dia melanjutkan banyak yang terlena dengan status quo, rutinitas, tidak mau ambil resiko. Itulah yang membuat sebuah bisnis atau organisasi sulit berkembang maju. Padahal, dunia saat ini sangat cepat sekali berubah.

Dulu, ketika orang membangun sesuatu selama 2 tahun hingga 4 tahun, perubahan yang terjadi tidak banyak. Namun, saat ini hanya dalam waktu yang sangat singkat, setahun pun banyak perubahan yang bisa terjadi. Untuk itu, bisnis harus beradaptasi dengan cepat.

“Harus berani. Kalau memang harus diubah business modelnya, kita ubah supaya lebih cepat berkembang,” tutur Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia dan PB Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) itu.

Baca Juga: Hary Tanoe Minta Bisnis Finance MNC Group Disesuaikan dengan Perubahan Zaman

Setelah menemukan business model yang tepat, kata Hary, selanjutnya adalah sesuaikan organisasinya. Sinergitas dinilainya sangat penting dalam membesarkan sebuah organisasi.

Hary mengatakan, bila business model yang diterapkan tidak membuat bisnis berkembang alias stagnan, jangan terus dipaksakan. Business model harus segera diubah agar tak terus-menerus berjalan di tempat.

“Sesuaikan organisasinya, saling bersinergi akan menghasilkan sesuatu lebih besar lagi, karena saling melengkapi,” kata pria asal Surabaya, Jawa Timur itu.

Sinergi itulah yang akan dilakukan tujuh unit bisnis di bawah naungan MNC Financial Services atau PT MNC Kapital Indonesia Tbk menyambut 2019, yakni MNC Sekuritas, MNC Asset Management, MNC Finance, MNC Life, MNC Insurance, MNC Bank dan MNC Leasing.

Sinergi ini diharapkan mampu memberikan layanan terbaik dan terdepan bagi masyarakat di Tanah Air. Hal itu ditegaskan Wito Mailoa, Direktur Utama MNC Kapital Indonesia.

“Fokus untuk 2019 adalah sinergi unit-unit ini, bagaimana kita mendapatkan produk-produk yang lebih inovatif dan kolaborasi antara tujuh unit ini. Jadi bukan hanya masing-masing unit yang memiliki creativity yang lebih lagi, tetapi kolaborasi produk-produk yang lebih lagi ke depannya,” ungkapnya.

Baca Juga: HUT ke-4, Hary Tanoe Berharap MNC Leasing Berperan Bangun Ekonomi

Senada dengan Hary, menurutnya menciptakan produk baru yang tepat sasaran harus dimulai dengan mencari model bisnis yang benar, yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Misalnya, lanjut Wito, produk-produk yang dijual MNC secara konvensional harus mulai berubah menjadi digital. Penjualan digital dinilainya lebih efektif dan efisien dibandingkan dijual dalam bentuk fisik.

"Kita bisa lihat ada pergerakan bisnis model konvensional sekarang sudah bergerak ke arah digital. Yang bagaimana fintech itu sangat maju pesat sehingga kita harus mengikuti perkembangan zaman ini. Hal-hal yang dulunya bisa berhasil belum tentu sekarang berhasil,” pungkasnya.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini